Menggunakan HTML2PDF - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Menggunakan HTML2PDF, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel pdf, Artikel php, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Menggunakan HTML2PDF
link : Menggunakan HTML2PDF

Baca juga


Menggunakan HTML2PDF

Selamat siang... Kali ini kita akan belajar sedikit tentang HTML2PDF. Kalau dalam postingan saya yang sebelumnya kita bisa membuat laporan pdf menggunakan FPDF, di sini ada alternatif yang lebih mudah digunakan yaitu HTML2PDF.

Seperti namanya, HTML2PDF itu mengkonversi halaman html menjadi pdf dengan kode yang tidak terlalu banyak. Akan tetapi, belum tentu tampilan pdf-nya sama dengan tampilan aslinya (html). Karena tidak semua style atau css yang digunakan bisa ikut diubah dalam bentuk pdf.

Baiklah, langsung saja...

1. Sebelumnya, silahkan download HTML2PDF di http://html2pdf.fr/en/download


2. Jika ter-direct ke sini, tekan link yang dilingkari

3. Setelah kita mendownloadnya, ekstrak dan letakkan hasil ekstrakan tersebut pada aplikasi yang kita buat.
4. Bagaimana penggunaannya? Sebenarnya, di dalam hasil ekstrakan tadi sudah ada file-file contoh untuk mengubah html menjadi pdf. Tapi intinya seperti ini:

<?php

ob_start();
include(dirname(__FILE__).'file.html');
$isi = ob_get_clean();

require_once(dirname(__FILE__).'/../html2pdf.class.php');
try{
$html2pdf = new HTML2PDF('P','A4','en');
$html2pdf->writeHTML($isi, isset($_GET['vuehtml']));
$html2pdf->Output('cover.pdf');
}
catch(HTML2PDF_exception $e){
echo $e;
exit;
}

?>

- Ganti file.html dengan path atau direktori tempat file html kita. Bisa juga file php.
- Ganti '/../html2pdf.class.php' dengan path atau direktori tempat file html2pdf.class.php.
- Pada $html2pdf = new HTML2PDF('P','A4','en');  P berarti Potrait, kita bisa menggantinya dengan L untuk Landscape. A4 adalah ukuran kertas, silahkan disesuaikan dengan ukuran kertas yang kita inginkan. Sedangkan en adalah bahasa. Berhubung bahasa indonesia belum ada, kita gunakan saja en yang berarti bahasa Inggris atau fr yang berarti bahasa Prancis.
- Untuk $html2pdf->Output('file.pdf'), ganti file.pdf dengan nama yang kita inginkan. Biasanya saya samakan dengan nama file html atau php yang diubah menjadi pdf. Hanya saja, tentunya dengan akhiran .pdf.

Baiklah, itu yang dapat saya sampaikan. Semoga berguna...


Demikianlah Artikel Menggunakan HTML2PDF

Sekianlah artikel Menggunakan HTML2PDF kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Menggunakan HTML2PDF dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2015/10/menggunakan-html2pdf.html