Perulangan Pada Pemrograman Java - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Perulangan Pada Pemrograman Java, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel game, Artikel Java, Artikel Perulangan, Artikel Thread, Artikel Tutorial, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Perulangan Pada Pemrograman Java
link : Perulangan Pada Pemrograman Java

Baca juga


Perulangan Pada Pemrograman Java

Pada bahasa pemrograman java kita mengenal dua macam perulangan atau Looping, yaitu perulangan yang jumlah looping atau perulangannya sudah kita ketahui dengan pasti dan perulangan yang tidak kita ketahui jumlahnya. maksudnya adalah perulangan yang sudah kita tau dengan pasti berapa kali kita mau melakukan perulangan. sedangkan perulangan yang tidak pasti jumlah nya adalah kita tidak tau berapa kali perulangan tersebut akan terus berjalan atau menjalankan loopingnya.
misalnya dalam perulangan dalam java biasanya menggunakan for  sedangkan untuk looping atau perulangan yang tidak kita tahu pasti jumlah loopingnya bisa kita gunakan jenis perulangan while , do - while.

Perulangan for

Pada perulangan for dalam java memiliki tiga komponen yang harus kita perhatikan dalam penggunaannya. yaitu variabel pencacah, perulangan bersyarat, dan perubah variabel pencacah.

  • variabel pencacah  merupakan variabel yang digunakan untuk mengatur jumlah perulangan yang akan dilakukan oleh program. setiap program melakukan perulangan maka nilai dari variabel pencacah akan selalu berubah dengan posisi increment atau semakin besar atau decrement atau semakin kecil.
  • perulangan bersyarat merupakan suatu persyaratan supaya program akan menjalankan perulangan tersebut. persyaratan tersebut bisa berupa sebuah nilai atau variabel yang telah kita definisikan sebelumnya.
  • perubah variabel pencacah merupakan variabel yang bertugas untuk mengubah nilai dalam suatu variabel selama program menjalankan perulangannya. perubahan tersebut dapat menjadi increment atau semakin besar atau decrement atau semakin kecil.

Contoh Struktur Perulangan For Pada Java

for (variabelPencacah; persyaratan; peubahVariabelPencacah) {
statement
...
...
}
Deklarasi diatas merupakan contoh struktur dari perulangan pada java yang sederhana, dimana diawali dengan for lalu diikuti dengan wariabel pencacah kemudian persyaratan lalu peubah variaber pencacah.setelah itu baru kita tambahkan statement -statement yang kita jalankan setelah program melakukan perulangannya.

Contoh program perulangan for pada java:

//Nama program: Perulangan1.java
public class Perulangan1 {
public static void main(String[] args) {

int counter;
int batasPerulangan = 10;

for (counter=1; counter<=batasPerulangan; counter++) {
System.out.println("Perulangan ke-"+counter);
}

}

}
Output program:
Perulangan ke-1
Perulangan ke-2
Perulangan ke-3
Perulangan ke-4
Perulangan ke-5
Perulangan ke-6
Perulangan ke-7
Perulangan ke-8
Perulangan ke-9
Perulangan ke-10
Penjelasan:
Pada potongan program diatas kita awali dengan mendefinisikan atau mendeklarasikan variabel counter dan variabel batasPerulangan yang memiliki tipe data Integer pada variabel batasperulangan kita inisialisasikan dengan nilai 10. dan seterusnya :D

//Nama program: Contoh Perulangan java ke-2 intermediate
public class Perulangan2 {

public static void main(String[] args) {
int bilangan1=6;
int bilangan2=4;
int hasil=0;
String angka = "";

for (int counter=1; counter<=bilangan2; counter++) {
hasil += bilangan1;
angka = Integer.toString(bilangan1);
System.out.println(angka);
}

System.out.println("------ +");
System.out.println(hasil);

}
}
Output program:
6
6
6
6
------ +
24
Penjelasan program:


Program diawali dengan pendeklarasian variabel. Variabel tersebut adalah bilangan1, bilangan2, hasil bertipe data integer dan berturut-turut diinisialisasi dengan nilai 6, 4 , dan 0. Dalam program tersebut juga terdapat variabel angka diinisialisasi dengan string kosong (“”). Pada baris perulangan for… dideklarasikan variabel counter dan diinisialisasi dengan nilai 1. Variabel counter dideklarasikan dalam statement perulangan for…, maka hanya bisa digunakan dalam perulangan itu saja. Persyaratan dalam perulangan ini adalah statement dalam blok perulangan dikerjakan apabila nilai variabel counter kurang dari sama dengan nilai dalam variabel bilangan2. Dan setiap kali statement dalam blok perulangan selesai dikerjakan, nilai dalam variabel counter ditambah 1 (increment).
syarat supaya terjadinya looping for boleh lebih dari satu statement dengan syarat kita harus menggabungkannya dengan operator Logika AND atau Operator logika OR. berikut merupakan contoh program java perulangan yang menggunakan operator logika sehingga kita bisa menambahkan lebih dari sati statement pada perulangan for.

public class perulanganlogika{

public static void main(String[] args) {

int bilangan1 = 1;
int bilangan2 = 10;
int counter;

for (counter=1; (counter<10) && (bilangan1<bilangan2); counter+=2) {
System.out.println("\t"+ bilangan1 + "\t" + bilangan2 + "\t" + counter);
bilangan1++;
bilangan2--;
}
}

}
Output program:
1        10        1
2        9        3
3        8        5
4        7        7
5        6        9
sekian postingan mengenai contoh perulangan for pada pemrogaraman java atau sebenarnya tidak jauh beda dengan perulangan for pada bahasa C atau C++ . semoga bermanfaat. 

Lanjut : Perulangan For



Demikianlah Artikel Perulangan Pada Pemrograman Java

Sekianlah artikel Perulangan Pada Pemrograman Java kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Perulangan Pada Pemrograman Java dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2016/02/perulangan-pada-pemrograman-java.html