Apa sih konstanta dan variable itu? - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Apa sih konstanta dan variable itu?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Desktop, Artikel Edukasi, Artikel Pemrograman C, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Apa sih konstanta dan variable itu?
link : Apa sih konstanta dan variable itu?

Baca juga


Apa sih konstanta dan variable itu?






Konstanta & Variable - Taukah kamu apa yang dimaksud dengan konstanta dan variable dalam bahasa pemrograman C?

A. Konstanta
Merupakan suatu nilai yang tidak dapat diubah selama proses berjalannya program. Konstanta memiliki nilai yang tetap. Konstanta harus didefinisikan terlebih dahulu di awal program. Konstanta dapat berupa integer, karakter, pecahan dan string. Contoh konstanta adalah 20, 3.14, 20.928002, 'A', 'Hello World'.

Selain itu juga dalam pemrograman C disediakan beberapa karakter khusus yang disebut dengan karakter escape, diantaranya adalah :
\a : yang menyatakan Alert. 
\b : yang menyatakan Backspace.
\f : yang menyatakan Form Feed.
\n : yang menyatakan New Line
\r : yang menyatakan Carriage Return.
\t : yang menyatakan Tabs.
\v : yang menyatakan Tabulasi Vertikal.
\' : yang menyatakan karakter petik tunggal.
\" : yang menyatakan karakter petik ganda.
\\ : yang menyatakan karakter garis miring.
dll.


Tipe Konstanta

  1. Konstanta karakter yabg ditandai dengan tanda petik tunggal ( ' ) pada awal dan akhir karakter. Contoh : 'A' dan '@'. 
  2. Konstanta integer ditulis dengan tanda yang mengandung pemisah ribuan dan tak mengandung pemisah berupa pecahan. Contoh : -1 dan 3515.
  3. Konstanta real ( float dan double ) bisa mengandung pecahan yang memiliki tanda berupa titik. Contoh : 25.5f (untuk float) dan 28.2 (untuk double).
  4. Konstanta string merupakan deretan karakter yang diawali dan diakhiri dengan tanda petik ganda ( " ), contoh : "Konstanta dan Variable". Pada akhir string, compiler akan menambahkan karakter null ('\0') untuk menandai akhir string.

B. Variable 
Sebelum kita dapat menggunakan variabel tertentu dalam program C, kita harus memberi ‎tahu kepada compiler mengenai jenis variabel yang kita gunakan. Untuk jenis angka, bahasa C mendukung 3 buah jenis :
  1. Ketika kita sedang menulis sebuah program, yang mengharuskan di sana bilangan yang ‎tidak boleh dibagi (bilangan bulat), seperti halnya populasi siswa di sebuah sekolah, ‎atau lain-lain, C menawarkan kepada kita apa yang disebut sebagai "integer”.
  2. Ketika kita sedang menulis sebuah program yang menangani masalah keuangan (yang ‎sering digunakan di dalam industri), kita harus menggunakan angka-angka dengan ‎jumlah angka yang panjang, mungkin mencapai triliunan. Bahasa C menawarkan ‎kepada kita apa yang disebut sebagai "decimal".
  3. Ketika kita sedang menulis sebuah program yang digunakan untuk menghitung hal-hal ‎yang ilmiah, seperti rumus relativitas dan fisika kuantum, mungkin kita membutuhkan ‎bilangan yang berkoma dan berpangkat yang direpresentasikan dalam bentuk notasi ‎ilmiah (mantissa dan exponent). Dalam C, bilangan seperti itu dinamakan juga dengan ‎floating point number, yang direpresentasikan dengan menggunakan kata kunci ‎‎"float".‎

Kita bisa menggabungkan 3 buah jenis bilangan di atas di dalam sebuah program. Untuk ‎sekarang, kita akan mempelajari mengenai bilangan bulat (integer), yang dapat berupa bilangan bulat ‎positif atau bilangan bulat negatif.

Variabel adalah suatu pengenal (identifier) yang digunakan untuk mewakili suatu nilai tertentu di dalam proses program. Berbeda dengan konstanta yang nilainya selalu tetap, nilai dari suatu variabel bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan. Nama dari suatu variabel dapat ditentukan sendiri oleh pemrogram dengan aturan sebagai berikut :
  1. Terdiri dari gabungan huruf dan angka dengan karakter pertama harus berupa huruf.
  2. Bahasa pemrograman C bersifat case-sensitive artinya huruf besar dan kecil dianggap berbeda. Jadi antara Metal, dengan metal itu berbeda.
  3. Tidak boleh mengandung spasi.
  4. Tidak boleh mengandung simbol-simbol khusus, kecuali garis bawah (underscore), seperti : $, ?, %, #, !, &, *, (, ), -, +, dsb.
  5. Panjangnya bebas, tetapi hanya 32 karakter pertama yang terpakai.




















Demikianlah Artikel Apa sih konstanta dan variable itu?

Sekianlah artikel Apa sih konstanta dan variable itu? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Apa sih konstanta dan variable itu? dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2016/12/apa-sih-konstanta-dan-variable-itu.html