Ayok! Mengenal Bahasa Pemrograman C - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Ayok! Mengenal Bahasa Pemrograman C, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Desktop, Artikel Edukasi, Artikel Pemrograman C, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ayok! Mengenal Bahasa Pemrograman C
link : Ayok! Mengenal Bahasa Pemrograman C

Baca juga


Ayok! Mengenal Bahasa Pemrograman C


Ayok! Belajar Bahasa Pemrograman C - Bahasa pemrograman C merupakan bahasa pemrograman yang berkekuatan tinggi (powerful). dan fleksibel yang telah banyak digunakan oleh para programmer profesional untuk mengembangkan program-program yang sangat bervariasi dalam berbagai bidang. Namun sebelum kamu mempelajari lebih dalam mengenai bahasa C, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu komponen dan pengetahuan dasar tentang ilmu pemrograman komputer.

Apa itu Program Komputer?
Bagi kamu yang baru masuk dalam dunia pemrograman komputer, mungkin akan bertanya apa sebenarnya yang dimaksud dengan program komputer? Program komputer tidak lain adalah suatu perangkat lunak (software) yang digunakan untuk keperluan-keperluan aplikatif tertentu di berbagai bidang, baik di lingkungan perusahaan, pendidikan, ataupun yang lainnya. Perangkat lunak tersebut sebenarnya merupakan suatu runtutan kode-kode program yang ditulis dengan salah satu bahasa pemrograman tertentu dan telah dikompilasi melalui kompilator (compiler) yang sesuai dengan bahasa pemrograman tersebut. Dengan demikian, untuk membuat sebuah perangkat lunak (software), kita tentu harus memiliki keahlian dan menguasai salah satu bahasa pemrograman tertentu.
Apa itu Kompilator (compiler)?
Kompilator (compiler) dapat diartikan sebagai suatu penerjemah, artinya kumpulan kode program yang ditulis dalam suatu bahasa pemrograman tertentu akan diterjemahkan oleh kompilator ke dalam bahasa assembly yang selanjutnya akan diterjemahkan lagi menjadi kode objek sehingga perintah-perintahnya akan dikenali oleh komputer (dalam hal ini mesin). Dengan demikian komputer akan dapat merespon permintaan kita dengan melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang kita perintahkan.
Tidak semua bahasa pemrograman dapat dikompilasi di dalam satu kompilator tertentu, artinya sebuah kompilator hanya akan mengenali bahasa-bahasa tertentu saja sesuai dengan yang telah dibuat oleh pencipta kompilator tersebut. Sebagau contoh, kamu tidak dapat melakukan kompilasi program yang ditulis dalam bahasa C di dalam kompilator Pascal, begitupun sebaliknya. Namun sebagai pengetahuan bagi kamu bahwa untuk semua kompilator C++, selain digunakan untuk mengkompilasi program yang ditulis dalam bahasa C++ juga dapat digunakan untuk melakukan kompilasi terhadap program yand ditulis dalam bahasa C.

Apa itu Bahasa Pemrograman?
Bahasa pemrograman adalah suatu kumpulan kata (perintah) yang siap digunakan untuk menulis suatu kode program sehingga kode-kode program yang kita tulus tersebut akan dapat dikenali oleh kompilator (compiler) yang sesuai. Kata-kata tersebut dalam dunia pemrograman dikenal dengan istilah keyword (terkadang disebut reserved word). Untuk mempelajari salah satu bahasa pemrograman tertentu, tentunya kita tidak hanya menghafal semua keyword yang ada di dalamnya, namun juga perlu untuk memahami fungsi dan aturan penggunaannya.
Sekarang ini banyak sekali bahasa pemrograman yang dapat kita gunakan untuk mengembangkan suatu perangkat lunak, diantaranya adalah bahasa C/C++, Java, Pascal, PHP, ASP, dan masih banyak lagi. Bahkan untuk pembuatan pemrograman visual pun telah banyak tersedia perangkat lunak seperti CodeBlocks, Eclipse, Visual C++ dan lainnya.

Mengapa menggunakan Bahasa C?
Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa sekarang banyak sekali terdapat bahasa pemrograman tingkat tinggi. Walaupun demikian, sebagian besar dari para programmer profesional masih tetap memilih bahasa C sebagai bahasa yang lebih unggul. Berikut alasannya :
  • Bahasa C merupakan bahasa pemrograman yang powerful dan fleksibel yang telah terbukti dapat menyelesaikan program-program besar seperti pembuatan sistem operasi, pengolahan kata, pengolahan gambar (seperti pembuatan game), dan juga pembuatan kompilator (compiler) untuk bahasa pemrograman baru.
  • Bahasa C merupakan bahasa pemrograman yang portabel sehingga dapat dijalankan dibeberapa sistem operasi yang berbeda.
  • Bahasa C merupakan bahasa pemrograman yang sudah populer dan banyak digunakan oleh para programmer berpengalaman sehingga kemungkinan besar library (pustaka) dan aksesorisnya banyak tersedia sengga dapat dengan mudah diperoleh.
  • Bahasa C merupakan bahasa pemrograman yang bersifat modular, yaitu bahasa pemrograman yang tersusun atas rutin-rutin tertentu yang dinamakan dengan fungsi (function) dan fungsi-fungsi tersebut dapat digunakan kembali untuk pembuatan program-program lainnya tanpa harus menulis ulang implementasinya.
  • Bahasa C merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah (middle level language) sehingga mudah untuk melakukan interfacing (pembuatan program antar muka) ke perangkat keras (hardware).

Bagian 2 : Sejarah singkat lahirnya bahasa C.
Bagian 3 : Kerangka Program dalam bahasa C.


    Demikianlah Artikel Ayok! Mengenal Bahasa Pemrograman C

    Sekianlah artikel Ayok! Mengenal Bahasa Pemrograman C kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

    Anda sekarang membaca artikel Ayok! Mengenal Bahasa Pemrograman C dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2016/12/ayok-mengenal-bahasa-pemrograman-c.html