Jenis & Fungsi Tipe Data dalam Bahasa C - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Jenis & Fungsi Tipe Data dalam Bahasa C, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Desktop, Artikel Edukasi, Artikel Pemrograman C, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Jenis & Fungsi Tipe Data dalam Bahasa C
link : Jenis & Fungsi Tipe Data dalam Bahasa C

Baca juga


Jenis & Fungsi Tipe Data dalam Bahasa C

Jenis & Fungsi Tipe Data - Tipe Data merupakan salah satu bagian penting dalam program karena tipe data dapat mempengaruhi setiap instruksi yang dilaksanakan dalam pemrograman. Setiap data mempunyai batasan tempat dan karakteristik sesuai dengan interprestasi data dan dapat diolah oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam pemrograman komputer.

Setiap konstanta atau variable yang akan kita tulis dalam program, sebaiknya kita tentukan terlebih dahulu dengan tipe data yang tepat. Ketepatan pemilihan tipe data pada konstanta atau variable akan sangat menentukan pemakaian sumber daya komputer terutama memory. Misalnya saja jika kita memiliki dua konstanta atau variable yang masing-masing memiliki nilai 7 dan 2 bertipe data integer jika kita bagi 7/2 akan menghasilkan nilai 3, namun jika keduanya bertipe data float maka akan menghasilkan nilai 3.5000000. Sehingga diperlukan ketepatan sesuai dengan kebutuhan agar program dapat berjalan dengan efisien.

Data merupakan suatu nilai yang dapat dinyatakan dalam bentuk konstanta atau variable. Variable menyatakan nilai yang dapat berubah-ubah dan konstanta menyatakan nilai yang tetap selama eksekusi berlangsung.

Jenis-jenis data dibagi menjadi 5 kelompok, yang dinamakan sebagai tipe dasar. Kelima tipe data tersebut adalah :
  1. Bilangan bulat (integer).
  2. Bilangan real presisi-tunggal
  3. Bilangan real presisi-ganda
  4. Karakter.
  5. Tak bertipe (void).

  • Tipe Data Char
Jenis tipe data ini digunakan untuk menyajikan karakter yang masing-masing menempati memori sebesar 1 byte (1 byte = 8 bit), sehingga dapat menampung 28 = 256 nilai yang berbeda. Dari 256 karakter, sebagian tidak dapat dicetak. Jika tidak dinyatakan demikian, variable tersebut akan dipandang sebagai signed char sebagai bentuk default untuk jenis char. Sehingga dapat menampung setengah dari keseluruhan karakter ASCII

  • Tipe Data Int (integer)
Merupakan tipe data yang digunakan untuk menyajikan nilai integer (number). Kelompok integer terdiri atas tiga jenis : int, short, long, yang masing-masing dibagi dalam dua kelompok (signed dan unsigned). Jika tidak dinyatakan lain maka compiler akan memperlakukan ketiga jenis integer itu sebagai signed int yang dapat memuat bilangan positif dan negatif. Jika hanya positif maka harus dinyatakan secara eksplisit dengan memberikan kata unsigned.

  • Tipe Data Float
Tipe data yang merupakan kelompok floating point yang menampung bilangan-bilangan riil. Bilangan riil adalah bilangan yang memiliki bagian decimal, titik, bagian fraksional, dab bagian eksponensial.
Pendeklarasian variable dengan tipe data float memiliki format yang sama seperti pada tipe data integer.

  • Tipe Data Double
Tipe data ini juga masuk dalam kelompok floating point tetapi memiliki angka ketelitian ganda (double precision) hingga 15 angka dibelakang koma. Disamping itu juga terdapat pula variable berjenis long double yang memiliki tingkat ketelitian hingga 18 angka dibelakang koma yang masing-masing menempati 8 dan 12 byte lokasi memori.

  • Tipe Data Void
Digunakan untuk tipe data suatu fungsi yang tidak mengembalikan nilai. Tipe data void biasanya digunakan untuk sebuah function atau procedure yang tidak membutuhkan nilai balik. Input dalam tipe data void disebut dengan parameter.


Demikianlah Artikel Jenis & Fungsi Tipe Data dalam Bahasa C

Sekianlah artikel Jenis & Fungsi Tipe Data dalam Bahasa C kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Jenis & Fungsi Tipe Data dalam Bahasa C dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2016/12/jenis-fungsi-tipe-data-dalam-bahasa-c.html