Membuat Koneksi PHP dan Database MySQL - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Membuat Koneksi PHP dan Database MySQL , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel PHP dan MySQL, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Membuat Koneksi PHP dan Database MySQL
link : Membuat Koneksi PHP dan Database MySQL

Baca juga


Membuat Koneksi PHP dan Database MySQL

Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana kita membuat koneksi antara bahasa pemrograman PHP dan Database MySQL. Jika sudah terkoneksi kita dapat melakukan beberapa fungsi yang berbeda seperti menambahkan, menghapus, memperbarui dan mengubah data dalam tabel di database MySQL. Ada beberapa perintah dari PHP yang akan digunakan dalam membuat koneksi ini yaitu mysql_connect() (perintah untuk melakukan koneksi ke database mysql), mysql_select_db() (perintah untuk memilih database mana yang akan digunakan), mysql_close() (Perintah untuk menutup koneksi ke database MySQL). Untuk lebih jelasnya berikut sintak standar untuk koneksi PHP dan MYSQL.


<?php
$user_name = "root";
$password = "";
$database = "kampus";
$host_name = "localhost";


$connect_db=mysql_connect($host_name, $user_name, $password);
$find_db=mysql_select_db($database);


if ($find_db) {
 echo "Database Ada";
 mysql_close($connect_db);
}
else {
 echo "Database Tidak Ada";
 mysql_close($connect_db);
}
?>


Perhatikan empat baris skrip pertama yang ditunjukkan di atas, skrip tersebut merupakan pengaturan variabel. Variabel pertama adalah $user_name (nama username untuk masuk ke database MySQL) sedangkan variabel kedua adalah $password (password untuk username tersebut) variabel pertama berisi nilai root sedangkan variabel kedua bernilai "" alias kosong, kita menentukan nilai ini karena nilai ini adalah nilai default untuk database MySQL. Berikutnya adalah variabel $database yang berisi nama database yang ingin dituju dan variabel $host_name yang berisi nama host tempat database berasal.

Untuk baris selanjutnya perintah mysql_connect seperti yang sudah di jelaskan diatas digunakan untuk koneksi ke MySQL yang di dalemnya terdiri dari 3 parameter nama host, username dan password. Bisa saja kita langsung membuat koneksi tanpa diinisialisai seperti diatas, misalnya seperti ini mysql_connect('localhost','root','');.

Baris selanjutnya adalah memilih database mana yang akan digunakan oleh aplikasi yang akan kita buat dengan menggunakan perintah msql_select_db. Pada baris selanjutnya kita akan melakukan pengecekan apakah database tersebut ada atau tidak, jika ada maka akan menampilkan pesan "Database ada" dan jika tidak ada maka akan menampilkan pesan "Database Tidak Ada".

Sekian tutorial cara koneksi PHP dengan database MySQL semoga dapat bermanfaat.


Demikianlah Artikel Membuat Koneksi PHP dan Database MySQL

Sekianlah artikel Membuat Koneksi PHP dan Database MySQL kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Membuat Koneksi PHP dan Database MySQL dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2016/12/membuat-koneksi-php-dan-database-mysql.html