Mengenal Bahasa C - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengenal Bahasa C, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Desktop, Artikel Edukasi, Artikel Pemrograman C, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengenal Bahasa C
link : Mengenal Bahasa C

Baca juga


Mengenal Bahasa C

Mengenal Bahasa C - Bahasa pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang menurut saya mudah untuk dipelajari karena bahasanya yang merupakan bahasa tingkat tinggi yang dapat dimengerti oleh manusia hal ini berbeda dengan bahasa Assembly yang merupakan low programming language. Bahasa C dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories.


Struktur Bahasa C
Struktur bahasa c memiliki beberapa bagian, diantaranya yaitu :

1. Header
Header berisi library (pustaka) yang akan digunakan dalam pemrograman. Nah, disini merupakan tempat dimana kita menuliskan syntax untuk memanggil fungsi library yang akan kita gunakan.


2. Fungsi Main()
Fungsi main disini merupakan inti dari semua pemrograman dalam bahasa C dan merupakan fungsi utama yang harus ada dalam setiap program bahasa C. Jadi semua kontrol alur proses program bahasa C berada dalam fungsi main().


3. Fungsi atau Prosedur
Fungsi merupakan sekumpulan syntax dalam sebuah blok yang dibuat guna menjalankan tugas khusus. Dalam bahasa C, sebuah fungsi digunakan untuk membuat program agar lebih terstruktur dan efisien karena mengurangi pengulangan penulisan syntax yang sama. Hal ini karena jika sekelompok kode sudah dibuat fungsi maka selanjutnya tinggal memanggilnya saja beserta parameter yang menyertainya jika ada. sebuah fungsi tidak akan dijalankan jika tidak dipanggil dalam fungsi main().

Struktur dari sebuah fungsi

 tipe_data nama_fungsi(parameter)
{
// statement
}

Penjelasan :
tipe_data merupakan penentu tipe data dari keluaran yang berupa salah satu dari tipe data yang didukung bahasa C.
nama_fungsi merupakan pemberian nama dari sebuah fungsi yang dibuat.
parameter merupakan sekumpulan parameter yang merupakan masukan dari fungsi.
statement merupakan bagian yang berisi kode program yang akan dijalankan ketika fungsi tersebut dipanggil.




4. Komentar
Komentar merupakan bagian yang berfungsi sebagai penanda atau keterangan dari sebuah penulisan syntax. Dalam bahasa pemrograman C terdapat 2 macam penulisan komentar yaitu : // isi (yang merupakan komentar dengan lingkup satu baris saja) dan /* isi */ (yang merupakan komentar dengan ruang lingkup banyak baris).


5. Deklarasi Variable
Penulisan deklarasi variable dimaksudkan untuk memberitahu compiler mengenai nama variable dan tipe data yang dimilikinya.


keterangan :
Pada penulisan program diatas terdapat 2 variable yang dideklarasikan.
int panjang = 5; Nama variable panjang memiliki nilai 5 dengan tipe data integer
int lebar = 2; Nama variable lebar memiliki nilai 2 dengan tipe data integer


Sampai disini dulu pengenalan bahasa C, tunggu postingan berikutnya yaa yang akan membahas tipe data dari bahasa pemrograman C.
Semoga bermanfaat 😊


Demikianlah Artikel Mengenal Bahasa C

Sekianlah artikel Mengenal Bahasa C kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengenal Bahasa C dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2016/12/mengenal-bahasa-c.html