Yang Harus Disiapkan Untuk Memulai Pemrograman PHP - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Yang Harus Disiapkan Untuk Memulai Pemrograman PHP, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel PHP dan MySQL, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Yang Harus Disiapkan Untuk Memulai Pemrograman PHP
link : Yang Harus Disiapkan Untuk Memulai Pemrograman PHP

Baca juga


Yang Harus Disiapkan Untuk Memulai Pemrograman PHP

Sebelum kita memulai membuat suatu aplikasi menggunakan bahasa pemrograman PHP kita harus mempersiapkan beberapa hal seperti berikut,

1. Web Server
Web server merupakan software yang memberikan layanan data yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman – halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.

Fungsi dari webserver adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Disebabkan sebuah halaman web dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video, dan lainnya pemanfaatan server web berfungsi pula untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web yang terkait, termasuk di dalamnya teks, gambar, video, atau lainnya. Aplikasi Web server yang bisa digunakan diantaranya IIS, XAMPP, Apache dll.

2. Database Server dan PHP

Database server berfungsi sebagai server yang melayani kebutuhan database kepada semua client secara cepat dan handal seperti penyimpanan, pembacaan, editing, dll.
Database server yang bisa digunakan diantaranya MySQL, PostgreSQL dll.
PHP adalah bahasa pemrograman script server-side yang didesain untuk pengembangan web.
Apabila kita menggunakan aplikasi webserver XAMPP, database MySQL dan aplikasi PHP sudah include didalamnya, sehingga penulis sarankan menggunakan aplikasi webserver XAMPP.
3. Tools
 Setelah ketiga komponen diatas tersedia dan terinstall di komputer, maka kita memerlukan tools untuk memudahkan kita dalam menulis script php dan menjalankannya.
Tools yang bisa digunakan diantaranya Notepad ++, eclipse, Dreamwaver (berbayar) dll.

4. Web Browser
Untuk tahap terakhir kita harus memiliki web browser di komputer kita, karena jika tidak ada web browser bagaimana kita akan menjalankan script-script yang kita buat. Beberapa browser yang bisa di gunakan diantaranya Internet Exploler (sudah langsung terinstall jika kita menggunakan OS Windows), Mozila Firefox, Opera dll.

Demikian penjelasan singkat tentang apa saja yang perlu kita siapkan pertama kali jika akan membuat sebuah aplikasi berbasis web, untuk penjelasan penginstallan dan koneksi PHP dengan database akan dibahas pada artikel selanjutnya.
Semoga bermanfaat..


Demikianlah Artikel Yang Harus Disiapkan Untuk Memulai Pemrograman PHP

Sekianlah artikel Yang Harus Disiapkan Untuk Memulai Pemrograman PHP kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Yang Harus Disiapkan Untuk Memulai Pemrograman PHP dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2016/12/yang-harus-disiapkan-untuk-memulai.html