Composer Ternyata Mudah - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Composer Ternyata Mudah, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Composer, Artikel PHP Composer, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Composer Ternyata Mudah
link : Composer Ternyata Mudah

Baca juga


Composer Ternyata Mudah

Composer adalah sebuah tool modern bagi PHP. Mengapa demikian, karena tool ini mulai ramai dipakai seiring dengan framework laravel yang sedang naik daun. Penggunaan composer pada laravel memberikan perspektif baru dalam menginstal aplikasi berbasis PHP dari yang dulunya konvensional copy dan paste. Ternyata, kehadiran Composer begitu memanjakan. Berbagai ketergantungan pustaka (baca: library) satu dengan yang lain dikelola dengan baik oleh Composer. Tak salah jika ide inilah yang menjadikannya composer dikenal dengan slogannya: 'Dependency Manager for PHP'.

Hingga saat ini, hampir semua program aplikasi mutakhir yang menggunakan PHP sudah memanfaatkan Composer sebagai tool untuk instalasinya. Kemudahan lainnya, Composer juga dapat membantu proses update versi pustaka PHP yang banyak dan bermacam-macam rupanya.


Baiklah, pada artikel ini kami akan mengetengahkan topik-topik mengenai Composer. Setelah menelaah tuntas artikel ini, kami yakin Anda semua akan merasakan bahwa composer itu ternyata mudah.

Instalasi Composer

Langkah pertama untuk memanfaatkan composer adalah menginstalnya. Composer sebenarnya adaah dokumen php archive (*.par). Jadi, kalau di komputer Anda sudah terinstal php, Anda tidak perlu repot-repot untuk menginstal composer untuk menggunakannya. Tetapi, akan sangat memudahkan untuk menginstal composer karena kita akan menggunakannya berkali-kali di kesempatan mendatang.

Composer membutuhkan php untuk bisa berjalan di komputer Anda. Oleh karena itu, pastikan sudah terinstal PHP di komputer Anda dengan versi minimal adalah 5.3.

Jika Anda menggunakan Windows, Anda akan mendapatkan cara yang paling mudah. Pihak composer menyediakan installer khusus pemakai windows. Anda bisa mendownloadnya di sini (https://getcomposer.org/Composer-Setup.exe). Selanjutnya, seperti installer-installer umumnya di Windows, proses instalnya tinggal klak-klik dan naks-neks. Selanjutnya, jika Anda ingin menjalankan composer, gunakan aplikasi command prompt di Windows.

Jika Anda bukan pengguna Windows, ada beberapa tahap yang harus Anda lakukan. Pertama, pastikan dulu kesiapan komputer Anda. Untuk menginstal composer, selain sudah terinstal PHP, di komputer Anda harus juga terinstal aplikasi git. Dengan kata lain, perintah php dan git sudah bisa berjalan di terminal komputer Anda.

Berikutnya, ada dua metode untuk melanjutkan instalasi composer, cara lokal dan global. Untuk cara lokal, Anda bisa menggunakan terminal dan mengetikkan perintah berikut (silakan salin saja):

php -r "copy('https://getcomposer.org/installer', 'composer-setup.php');"
php -r "if (hash_file('SHA384', 'composer-setup.php') === '544e09ee996cdf60ece3804abc52599c22b1f40f4323403c44d44fdfdd586475ca9813a858088ffbc1f233e9b180f061') { echo 'Installer verified'; } else { echo 'Installer corrupt'; unlink('composer-setup.php'); } echo PHP_EOL;"
php composer-setup.php
php -r "unlink('composer-setup.php');"


Installer di atas akan mengecek beberapa settingan PHP dan kemudian mendownload file composer.phar pada direktori aktif Anda. File ini adalah file binary dari composer. Sekarang jalankan perintah php composer.phar untuk menjalankan Composer.

Anda juga bisa menginstal Composer di direktori tertentu menggunakan parameter --instal-dir melakukan rename file dengan parameter --filename. Jadi, silakan coba dengan perintah berikut:

php composer-setup.php --install-dir=bin --filename=composer

Sekarang coba ketik php bin/composer di terminal untuk menjalankan Composer.

Berikutnya, cara global adalah menggunakan Composer tanpa harus mengetikkan keyword php terlebih dahulu. Untuk menjalankan Composer, cukup ketik di terminal: composer (tidak lagi php composer atau php composer.phar). Dengan kata lain, Anda bisa menjalankan Composer dari direktori manapun.

Caranya, setelah Anda mengunduh file PHAR, pindahlah file tersebut ke direktori bin dan rename dengan nama composer. Gampangnya, lakukan perintah berikut:

sudo mv composer.phar /usr/local/bin/composer

Seanjutnya, jangan lupa untuk membuat file composer tadi menjadi file yang bisa dieksekusi (executable). Caranya dengan mengetikkan pada terminal perintah berikut:

sudo chmod u+x /usr/local/bin/composer

Sampai di sini, Anda seharusnya sudah bisa menggunakan Composer. Sekarang coba di terminal atau command prompt Anda dengan mengetikkan perintah berikut untuk melihat versi dari Composer di komputer Anda:

composer -v

Penggunaan Umum

Selanjutnya, untuk menggunakan composer sebagai manager dependensi PHP, Anda akan sering menggunakan beberapa perintah. Namun, sebelum menjalankan perintah tersebut, pastikan direktori aktif pada terminal atau command prompt anda sudah berisi file composer.json. File ini secara sederhana berisi pustaka-pustaka yang akan diinstal pada folder vendor di direktori tadi.

Untuk menginstal pustaka pada direktori aktif berdasar file composer.json yang sudah ada, silakan ketik perintah berikut:

composer install

Untuk menginstal pustaka baru, Anda bisa menggunakan perintah composer require nama_paket_librari. Sebagai contoh, berikut adalah beberapa perintah menginstal pustaka baru:

composer require psr/log

Untuk mendapatkan nama paket pustaka/librari, Anda dapat merujuk pada website packagist yang berisi daftar librari PHP yang bisa diinstal melalui composer. Selanjutnya, untuk meng-update pustaka pada direktori aktif, ketik perintah berikut:

composer update

Pada paket-paket librari tertentu, ada yang menyediakan format project. Paket ini misalnya berupa framework php. Composer menyediakan perintah create-project untuk paket-paket jenis ini. Sebagai contoh, untuk menginstal framework Laravel, Anda dapat mengetikkan perintah berikut:

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel blog

Suatu saat ketika Composer memiliki versi lebih baru, Anda harus juga mengupdate Composer di komputer Anda. Gunakan perintah berikut:

composer self-update

Demikian ulasan tentang Composer ini, semoga dengan praktik beberapa kali Anda sudah mendapatkan kesan bahwa ternyata Composer itu mudah.

Untuk pembelajaran lebih lanjut, Anda bisa merujuk ke sumber resminya di sini: https://getcomposer.org/doc.



Demikianlah Artikel Composer Ternyata Mudah

Sekianlah artikel Composer Ternyata Mudah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Composer Ternyata Mudah dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2017/01/composer-ternyata-mudah.html