Tutorial Membuat CRUD dengan Laravel 5.3 - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tutorial Membuat CRUD dengan Laravel 5.3, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel framework, Artikel laravel, Artikel Laravel 5.3, Artikel Tutorial, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tutorial Membuat CRUD dengan Laravel 5.3
link : Tutorial Membuat CRUD dengan Laravel 5.3

Baca juga


Tutorial Membuat CRUD dengan Laravel 5.3


     Hai guys,kali ini kita akan membuat tutorial tentang membuat Create Read Update Delete atau disingkat CRUD dengan menggunakan Laravel 5.3 ,pada tutorial sebelumnya kita telah belajar bagaimana membuat form login dan register,bagi yang belum tahu dapat melihatnya disini.
  1. Pertama kita lakukan adalah membuat project baru jika masih belum tau caranya dapat melihat tutorial membuat project baru laravel disini .Namun kali ini adek akan melanjutkan tutorial kemaren.Setelah kalian membuat project baru selanjutnya yang kalian lakukan adalah pastikan .env pada project kalian telah sesuai dengan database kalian.
    samakan dengan db kalian
  2. Lalu selanjutnya pada cmd/terminal kita buat migration class dan juga model-nya agar nantinya beguna untuk membuat tabel pada database dengan menuliskan perintah ini php artisan make:model Crud -m
    php artisan make:model
  3. Setelah itu kita buat pada migration class Crud tadi code untuk mebuat tabel pada database
  4. Lalu kita buka lagi cmd/terminal lalu ketikan perintah php artisan migrate
    php artisan migrate
  5. Jika tabelnya telah selesai,dapat di-cek pada database kita,lalu buat view-nya pada folder \resource\views buat forder baru dengan nama crud (untuk merapikan,kalo tidak di buat tidak masalah) setelah itu dalam folder tersebut buat file bladenya,index.blade.php , create.blade.php dan juga edit.blade.php .
    index.blade.php

    pada create.blade.php kita buat seperti ini
    create.blade.php

    Lalu pada edit.blade.php kita buat seperti ini
    edit.blade.php
  6. Setelah itu kita buat controller untuk CRUD nya denga mambuat perintah php artisan make:controller CrudController --resource pada cmd/terminal ,maka akan ada file CrudController.php pada folder \app\Http\Controllers lalu ubas isinya menjadi seperti di bawah ini
    membuat controller CRUD


    lalu tambahkan code berikut pada route yang ada dalam folder \routes
  7. Selanjutnya kita membuat validasi agar data ketika penginputan tidak boleh kosong,jika kosong akan keluar pesan error ,berarti kita membutuhkan 2 validasi yaitu untuk create dan juga untuk edit caranya dengan menuliskan perintah php artisan make:request crud/StoreRequest  dan php artisan make:request crud/UpdateRequest lalu akan ada folder baru dengan nama Request yang didalamnya ada folder crud pada \app\Http\ di dalam folder crud tersebut akan ada 2 file yaitu StoreRequest dan updateRequest kita ubah isinya menjadi seperti di bawah ini.
    membuat file request

    StoreRequest
    UpdateRequest
     Seharusnya Aplikasi CRUD kita sudah jalan jika ada yang error berarti ada step yang terlewati atau ada kesalahan code
index

delete

create
     Begitulah guys cara untuk membuat CRUD pada laravel 5.3,jika ingin berkreasi lebih lanjut dapat mengotak-atik filenya,tapi jika mau kalian dapat mendownload file project saya di github itu langsung dengan project sebelumnya yaitu login dan register.Jika ada yang ingin ditanyakan bisa menghubungi adek ,jika ada salah mohon maaf guys,masih belajar.Keep Awesome Guys .


Demikianlah Artikel Tutorial Membuat CRUD dengan Laravel 5.3

Sekianlah artikel Tutorial Membuat CRUD dengan Laravel 5.3 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tutorial Membuat CRUD dengan Laravel 5.3 dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2017/01/tutorial-membuat-crud-dengan-laravel-53.html