Automatisasi dengan IFTTT - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Automatisasi dengan IFTTT, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Lain-lain, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Automatisasi dengan IFTTT
link : Automatisasi dengan IFTTT

Baca juga


Automatisasi dengan IFTTT

Automatisasi dengan IFTTT
Automatisasi disini berarti membuat sesuatu bekerja dengan sendirinya tanpa campur tangan manusia
.


IFTTT singkatan dari "if this than that..."jika di bahasa indonesia artinya “jika ini kemudian itu...". IFTTT adalah layanan berbasis web gratis yang digunakan orang untuk menciptakan pemicu dari pernyataan bersyarat sederhana (applet)
 

IFTTT diciptakan oleh Linden Tibbets, Jesse Tane, Scott Tong, dan Alexander Tibbets di San Francisco California dan resmi dibuka pada 7 September 2011, pada 2015 Linden Tibbets juga mengumumkan bahwa pengguna IFTTT menjalankan 20 juta  applet setiap hari. Selain aplikasi berbasis Web, IFTTT ada dalam versi Ios dan Android
 

Aplikasi IFTTT
Lalu apa pekerjaan yang mau di automatisasi IFTTTT?... bisa macam macam seperti mengotomatisasi posting  konten yang sama pada beberapa jaringan sosial, atau jika kita update status di facebook lalu kita punya satu atau beberapa blog maka di blog kita juga terdapat posting dari status facebook yang baru kita update atau sebaliknya jika kita posting  di blog maka otomatis di facebook terupdate status posting baru kita, sehingga gk perlu repot repot untuk membuka satu persatu aplikasi aplikasi yang kita punya. 


Selain contoh facebook dan blog masih banyak service lain yang disediakan oleh IFTTT kita tinggal pilih sesuai kebutuhan bahkan jika sobat punya raspberry pi maka ifttt mampu untuk bekerja bersama.
 

Membuat Aplikasi IFTTT
Automatisasi dengan ifttt adalah service dan applet. Jika sobat punya Service dan apllet maka automatisasi sudah bisa dijalankan. Service contohnya facebook, twiter, instagram, blogger, linked, whatsapp, raspberry pi dan banyak lagi. 


Kalau applet adalah pernyataan atau program triger yang sudah jadi, salah satunya facebook to twiter, twiter to facebook, bloger to facebook atau facebook to blogger atau raspberry to android mobile dan banyak lagi.

 
 


Membuat aplikasi IFTTT 
Untuk membuat aplikasi IFTT kita bisa mendaftar ifttt, memilih service dan menjalankan applet. Pada contoh kali ini penulis mengasumsikan sobat sekalian telah memiliki account fb dan blogger. . :) 

Karna contoh kali ini penulis akan posting di bloger dan mengotomatisasi dengan iftt agar  status posting bloger ter update juga di facebook

1.   Buka ifttt.com, klik sign up




2.    Masukkan email dan pasword, kemudian klik sign up
 


3.    Setelah sign up berhasil kita akan memilih service yang akan dipakai yaitu facebook, Klik setting di kanan atas, pilih services


 
4.    Ketikkan facebook di kolom search, klik logo services facebook


5.    Klik connect

 
6.    Bila belum login 


7.    Jika berhasil tampil visit facebook dan setting

 

8.    Klik settings untuk melihat account info dan status active, jika ingin batal disconnect facebook.
 

9.    Services facebook sudah berhasil kita buat selanjutnya klik kembali setting di pojok kanan atas untuk services bloger.
 

10.    Akan tampil layar berikut ketikkan blog di kolom search, akan keluar logo bloger kemudian klik logonya.
5. Akan tampil tombol Connect, lalu klik tombol connect



11.    Lalu tampil pesan authentication dari google dan IFTTT, klik izinkan

 

12.    Jika berhasil akan tampil halaman berikut, pilih nama blog sobat kemudian klik update
 

13.    Tampil halaman berikut, cari Applet Share new blog posts on Facebook, lalu klik.
 
14.    Kemudian klik turn on


 

15.    Tampil halaman configure, klik ingredient bila ingin menamah parameter lalu klik save
 



16.    Hasil nya applet On, untuk melakukan testing, sobat bisa buka bloger lalu buat postingan baru. Kemudian klik check now, lihat di status terbaru facebook sobat. . :)
 

 
17.    Cek Hasilnya, sobat baru saja membuat iftt yang bisa melakukan update status di faceboo. demikian artikel iftt semoga bermanfaat... :)





Demikianlah Artikel Automatisasi dengan IFTTT

Sekianlah artikel Automatisasi dengan IFTTT kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Automatisasi dengan IFTTT dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2017/02/automatisasi-dengan-ifttt.html