Cara Instal Android Studio Di Ubuntu - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Instal Android Studio Di Ubuntu, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Java, Artikel Programer Android, Artikel ubuntu, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Instal Android Studio Di Ubuntu
link : Cara Instal Android Studio Di Ubuntu

Baca juga


Cara Instal Android Studio Di Ubuntu



Seiring perkembangan zaman saat ini kita ketahui bahwa perkembangan teknologi begitu pesat sehingga banyak alat-alat teknologi yang semakin canggih seperti yang selama ini orang gunakan sehari-hari dan sangat penting bagi hidupnya yaitu smartphone, smartphone sendiri memiliki beberapa OS (operasi system) dimana setiap OS memiliki bahasa pemrograman yang berbeda dan salah satunya yang menjadi pilihan masyarakat adalah Android. Android di buat dengan bahasa pemrograman JAVA mungkin bagi seorang programer web seperti saya sangatlah kesulitan dalam membuat aplikasi Android dengan bahasa JAVA namun pepatah mengatakan selama ada kemauan dan berusaha semua pasti bisa dilakukan. karena kita ketahui semakin kedepan Smartphone android akan lebih maju dan canggih lagi dan kita sebagai programer jangan pernah ketinggalan teknologi yang sedang ramai dimuka bumi ini. berikut adalah tutorial cara instalasi android studio di ubuntu. 

Persiapan sebelum Installasi.
  • Pastikan anda sudah menginstall Android SDK jika belum anda bisa melihat tutorialnya disini Cara membuat path android di Ubuntu
  • Pastikan anda terkoneksi internet yang stabil.

1. Dowonload Android Studi IDE disini lalu pilih platform Linux.


2. Jika sudah Extract hasil download ke Documents (Optional).


3. Buka terminal command dengan menekan Ctrl+Alt+T  Ketikan script berikut. Sesuai dengan penyimpanan hasil extract android-studio anda.



4. Jikas sudah maka akan muncul tampilan seperti berikut. tunggu hingga selesai dan terminal jangan di exit.


5. Pilih Start a new Android Studio project


6. Buatlah nama project anda , dan nam package kompail aplikasi anda serta lokasi penyimpanan project. Untuk lokasi penyimpanan project biasanya sudah otomatis. lalu klik next.


7. Pada menu ini pilih Phone dan tablet karena kita akan membuat aplikasi untuk smartphone. dan perlu di perhatikan disini ada pilihan minimum SDK dimana aplikasi yang anda buat dapat support di install pada versi android minimum berapa. sebagai default saya menggunakan API 16 atau versi Jelly Bean.


8. Selanjutnya pemilihan template, pilih template Empty Activity sebagai pemula.


9. Tahap terakhir buat lah nama Activity dan Layout anda. namun jika anda masih pemula langsung saja pilih Finish.


10. Tunggu hingga grandle selesai berjalan.


11. Jika sudah selesai maka akan muncul tampilan Editor seperti ini.


12.  Selanjutnya jalankan aplikasi pada Emulator android dengan menekan tombol hijau. jika anda belum buat emulator lihat tutorial cara membuat emulator android. 


 13. Nanti akan muncul pilhan emulator, lalu pilih lah emulator yang sudah anda buat tekan OK.


14. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi anda terinstall di emulator.























Dan akhirnya aplikasi android pertama anda telah dibuat. saya masih newbie dalam pemrograman JAVA untuk membangun aplikasi android namun seiring perkembangan teknologi saya dituntut untuk belajar pemrograman JAVA agar tidak ketinggalan teknologi dan tidak terlepas dari web karena itu akan berhubungan sehingga ke dua skill tersebut harus dibutuhkan. mungkin sekian tutorial dari saya jika ada project terbaru android saya nanti saya akan buat tutorialnya.

Semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel Cara Instal Android Studio Di Ubuntu

Sekianlah artikel Cara Instal Android Studio Di Ubuntu kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Instal Android Studio Di Ubuntu dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2017/03/cara-instal-android-studio-di-ubuntu.html