Mengenal Fungsi printf() dan scanf() - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengenal Fungsi printf() dan scanf(), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pemrograman C, Artikel Technology, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengenal Fungsi printf() dan scanf()
link : Mengenal Fungsi printf() dan scanf()

Baca juga


Mengenal Fungsi printf() dan scanf()

Mengenal Fungsi printf() dan scanf() - Dalam membuat suatu program komputer, kita tidak akan terlepas dari proses masukan (input) dan keluaran (output) data. Untuk melakukan hal tersebut, di dalam bahasa C telah disediakan fungsi pustaka, yaitu fungsi printf() yang berguna untuk menampilkan keluaran data dan fungsi scanf() yang berguna untuk membaca masukan data. Adapun prototipe dari kedua fungsi tersebut dapat Anda lihat di bawah
 printf(const char *format, ...);
scanf(
const char *format, ...);
Setelah Anda mengetahui konsep dasar dan kerangka dari program dalam bahasa C yang telah diterangkan di atas, sekarang kita akan memulai penulisan kode program dengan menuliskan program yang sangat sederhana. Di sini kita akan menulis kode di mana program tersebut dapat menampilkan teks ‘Saya sedang belajar bahasa C’ ke layar monitor sehingga kita membutuhkan file header <stdio.h>. Adapun sintak programnya adalah seperti yang tertera di bawah ini.
 #include <stdio.h>
int main(
void) {

/* Mencetak teks ke layar */
printf(“
Saya sedang belajar bahasa C”);
return
0;
}
Apabila dijalankan program tersebut akan menghasilkan "Saya sedang belajar bahasa C" pada layar komputer anda.

Sekarang kita akan membuat program yang akan membaca data masukan dari keyboard, yaitu dengan menggunakan fungsi scanf(). Adapun sintak programnya adalah seperti yang tertera di bawah ini.
 #include <stdio.h>

int main(void) {

/* Mendeklarasikan variabel X yang bertipe int */
int X;

/* Menampilkan teks sebagai informasi bagi pengguna program (user) */
printf(“Masukkan sebuah bilangan bulat : ”);

/* Membaca data masukan dari keyboard */
scanf(“%d”, &X);

/* Menampilkan kembali data yang telah dimasukkan dari keyboard */
printf(“Anda telah memasukkan bilangan %d”, X);

return 0;
}
Apabila Anda masih merasa bingung dengan kehadiran variabel X dan tipe data int yang terdapat pada sintak di atas, Anda tidak perlu cemas karena semua itu akan kita bahas lebih lanjut pada bab berikutnya dalam blog ini. Perhatikan juga statemen di bawah ini.
 scanf(“%d”, &X);
Maksud dari sintak di atas adalah membaca nilai yang bertipe int dari keyboard dan menyimpan nilai tersebut ke dalam alamat memori yang ditempati oleh variabel X. Materi mengenai alamat memori akan kita bahas lebih lanjut di dalam postingan mengenai Pointer. Sekarang apabila program tersebut dijalankan, maka contoh hasil yang akan diberikan adalah sebagai berikut :
 Masukkan sebuah bilangan bulat : 10
Anda telah memasukkan bilangan 10
Hal yang perlu Anda ketahui dalam menggunakan fungsi printf() adalah format argumen yang terdapat di dalamnya. Perhatikan sintak berikut.
 ...
printf(“Nilai : %d”, 10);
...
%d di atas menunjukkan argumen yang digunakan untuk menampilkan nilai dengan tipe data int. Sedangkan nilai 10 menunjukkan nilai yang akan diisikan untuk menggantikan argumen tersebut. Selanjutnya, karakter d yang mengikuti tanda % di sini berguna untuk memberitahu kepada kompilator bahwa nilai yang akan ditampilkan tersebut bertipe int. Artinya, apabila kita akan menampilkan nilai dengan tipe data lain (misalnya char, float ataupun char*) maka karakter yang mengikuti tanda % pun akan berbeda. Berikut ini daftar karakter yang dapat dijadikan sebagai format untuk menentukan tipe argumen pada fungsi printf().
Berikut ini contoh penggunaan fungsi printf() yang mengandung lebih dari satu argumen dan dari tipe yang berbeda.
 printf(“Karakter: %c, Bilangan bulat: %d, String: %s, Bilangan riil: %2.3f”, ‘A’, 23, “Mira”, 19.4);
Sintak diatas akan menghasilkan :
 Karakter: A, Bilangan bulat: 23, String: Mira, Bilangan riil : 19.400
Bilangan 2.3 yang terdapat pada %2.3f di atas menunjukkan bahwa bilangan riil tersebut akan ditampilkan dalam dua presisi dengan tiga angka di belakang koma. Berikut ini contoh format untuk menampilkan bilangan yang bertipe int dan float atau double.
Satu hal lagi yang perlu untuk dipahami dalam menggunakan fungsi printf() adalah konstanta karakter, yaitu suatu konstanta yang diawali dengan tanda backslash (‘\’). Berikut ini daftar konstanta karakter yang telah didefinisikan dalam bahasa C.





Demikianlah Artikel Mengenal Fungsi printf() dan scanf()

Sekianlah artikel Mengenal Fungsi printf() dan scanf() kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengenal Fungsi printf() dan scanf() dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2017/07/mengenal-fungsi-printf-dan-scanf.html