Menggunakan Yii Command Line Tool - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Menggunakan Yii Command Line Tool, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel yii2, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Menggunakan Yii Command Line Tool
link : Menggunakan Yii Command Line Tool

Baca juga


Menggunakan Yii Command Line Tool

Yii Framework menyediakan tool untuk memudahkan beberapa pekerjaan koding kita berupa Yii Command Line. Bagi Anda yang biasa menggunakan laravel, fitur ini menyerupai artisan. Jadi ada perintah-perintah yang bisa dieksekusi dengan mudah melalui perintah-perintah yang kita ketikkan pada aplikasi terminal kita.

Coba kita ketikkan pada terminal atau aplikasi command prompt jika di Windows sebagai berikut:
php yii

Akan tampil seperti gambar berikut ini:


Command Line yang kita gunakan di atas adalah untuk versi template Basic. Ada beberapa hal yang akan sering kita gunakan, yaitu:
  • php yii serve  (untuk menjalankan web server bawaan PHP)
  • php yii migrate  (untuk menjalankan migrasi basis data aplikasi yang kita buat)

Kelebihan lain fitur command line pada Yii adalah kita dapat membuat perintah sendiri. Perintah tersebut kita definisikan di folder commands. Sebagai contoh, aplikasi sudah menyediakan file HelloController.php di dalam folder tersebut. Selanjutnya, tinggal kita modifikasi atau buat baru sesuai kebutuhan.

Agar lebih jelas, kita dapat mencoba perintah pada file HelloController.php tersebut dengan perintah berikut:
php yii hello

Tips untuk pengguna Windows

Bagi Anda pengguna Windows, membuat file .bat merupakan salah satu pilihan yang praktis, khususnya untuk menjalankan webserver PHP. Artinya, kita ketik perintah command prompt yang kemudian kita simpan pada sebuah file bat. Lalu file tersebut kita buatkan shortcut-nya di desktop. Tentu menyenangkan bukan? Berikut adalah langkah-langkah pembuatannya:

Buat sebuah file, misalnya serveyii.bat. Kemudian ketikkan isinya seperti berikut:
@ECHO OFF
cmd.exe /K "php yii serve --docroot=aplikasi/web"

Sintaks di atas dengan catatan bahwa file bat terletak sejajar dengan folder aplikasi. Tetapi jika sejajar dengan folder web, tidak perlu ditambahi parameter --docroot.

Selamat mencoba!


Demikianlah Artikel Menggunakan Yii Command Line Tool

Sekianlah artikel Menggunakan Yii Command Line Tool kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Menggunakan Yii Command Line Tool dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2017/10/menggunakan-yii-command-line-tool.html