Laravel Tutorial: Membuat Authentication (Laravel 5.5) - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Laravel Tutorial: Membuat Authentication (Laravel 5.5), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel laravel, Artikel Laravel Auth, Artikel Tutorial, Artikel web, Artikel web series, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Laravel Tutorial: Membuat Authentication (Laravel 5.5)
link : Laravel Tutorial: Membuat Authentication (Laravel 5.5)

Baca juga


Laravel Tutorial: Membuat Authentication (Laravel 5.5)

Laravel Tutorial - Auth
Halo sobat koder! Maish ngoding kan? 
Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan tutorial mudah cara untuk membuat authentication di laravel 5.5. Selanjutnya akan saya sebut laravel auth saja ya supaya mudah..
Jadi, laravel adalah salah satu platform yang sangat mempermudah kita dalam pembuatan auth untuk aplikasi kita. Kalian tidap perlu bersusah payah konfigurasi migration, membuat route, membuat model ataupun controllernya. Semua sudah di handle oleh laravel auth, jadi kalian tinggal pakai saja.
Tentunya ada kekurangan dari penggunaan laravel auth bawaan laravel ini. Tetapi untuk keperluan mendasar seperti login, register, lupa password dll sudah tersedia. Kalau memang butuh yang lebih ribet ya bisa develop sendiri atau pakai package buatan orang lain.
Baiklah, cukup basa basinya.. Sekarang langsung kita mulai tutorialnya. 

Persiapan Awal

Sebelum memasang laravel auth, kita lakukan beberapa persiapan terlebih dahulu. Tenang saja, ini hanya persiapan dasar, dan pastinya kalian sudah biasa melakukannya pada project laravel kalian.

Install Laravel

Pertama, tentunya kalian harus sudah menginstall laravel (sebaiknya project baru karena laravel akan membuat beberapa file yang mungkin saja akan bertabrakan dengan file yang ada pada project kalian). Setelah terinstall, lanjut ke tahap berikutnya..

Konfigurasi File .env

Setelah melakukan instalasi, sekarang saatnya kalian melakukan konfigurasi file .env. Caranya cukup mudah, buka file .env yang ada pada direktori utama laravel. Kita hanya akan melakukan konfigurasi untuk database saja, karena laravel auth membutuhkan database untuk menyimpan user yang terdaftar pada aplikasi.
DB_CONNECTION=mysql
DB_HOST=127.0.0.1
DB_PORT=3306
DB_DATABASE=kodehero_auth // Ganti dengan nama database kalian
DB_USERNAME=root // Ganti dengan username database kalian
DB_PASSWORD= // Isi dengan password user database kalian, jika tidak ada bisa dikosngkan saja
Silahkan konfigurasi file .env sesuai dengan database yang sudah kalian buat ya..

Install Laravel Auth

Setelah semuanya siap, sekarang saatnya menggunakan php artisan untuk menginstall laravel auth. Caranya cukup mudah, kalian tinggal jalankan perintah dibawah pada terminal/cmd.
php artisan make:auth
Pada dasarnya cuma ini yang perlu kalian lakukan, tapi aplikasi belum bisa berjalan sempurna, karena laravel belum bisa mengakses databasenya. Kan belum kita migrate file migrations-nya hehe..
Silahkan jalankan perintah dibawah pada terminal/cmd untuk memulai migration.
php artisan migrate
Selesaaaaai!! Cukup itu saja yang perlu kalian lakukan untuk membuat auth di laravel. Jika kalian ingin mencobanya, silahkan jalankan laravel dengan memanggil perintah beirkut.
php artisan serve
Perintah diatas akan menjalankan server untuk aplikasi kalian. Jadi kalian cukup buka browser dan arahkan ke localhost:8000 (default). Jika berhasil, maka sekarang akan ada link untuk register dan login pada bagian kanan atas.

Tampilan awal laravel auth
Tampilan awal laravel auth
Kalian bisa menggunakannya untuk operasi dasar seperti login, register, lupa password dan lainnya. Berikut contoh tampilannya.

Tampilan halaman register
Tampilan halaman register
Tampilan halaman login
Tampilan halaman login
Gimana, cukup mudah kan.  Kalian bahkan tidak perlu repot membuat viewnya. Tampilan viewnya secara default sudah menggunakan bootstrap yang sedikit dikustomisasi oleh laravel.

Catatan

Jika kalian ingin melakukan konfigurasi lebih lanjut pada fungsi laravel auth ini, kalian bisa membuka pengaturannya di config\auth.php. Pada file tersebut kalian bisa mengubah nama model sesuai keinginan, mengubah driver yang digunakan dan lain sebagainya.
Namun, jika yang kalian inginkan adalah mengubah pola kerjanya, kalian bisa mengubah file controllernya di app\Http\Controllers\Auth\. Disana akan terdapat controller yang dibuat laravel secara default untuk aplikasi kalian. Kalian bisa mengubah ketentuan seperti redirect kemana setelah user berhasil login, mengganti login menggunakan username mengirim email verifikasi setelah pendaftaran dan lain sebagainya.. Untuk lebih jelasnya kalian bisa baca dokumentasi laravel auth.

Akhir Kata

Okeee.. Cukup sekian tutorial kali ini tentang cara membuat authentication pada laravel 5.5. Caranya cukup mudah, dan sebenarnya laravel versi sebelumnya pun sudah mensupport hal ini. Jadi jangan khawatir kalau kalian terlanjur menggunakan laravel versi sebelumnya.
Baiklah, cukup sekian dulu tutorial kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk terus ngoding. 


Demikianlah Artikel Laravel Tutorial: Membuat Authentication (Laravel 5.5)

Sekianlah artikel Laravel Tutorial: Membuat Authentication (Laravel 5.5) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Laravel Tutorial: Membuat Authentication (Laravel 5.5) dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2017/12/laravel-tutorial-membuat-authentication.html