5 Framework Node JS Populer yang Wajib Kamu Coba - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 5 Framework Node JS Populer yang Wajib Kamu Coba, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel featured, Artikel Node Js, Artikel Web Development, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 5 Framework Node JS Populer yang Wajib Kamu Coba
link : 5 Framework Node JS Populer yang Wajib Kamu Coba

Baca juga


5 Framework Node JS Populer yang Wajib Kamu Coba

5 Framework Node JS Populer

Sekarang ini, Node JS menjadi sangat populer dan banyak digunakan sebagai pengganti PHP atau Ruby dalam proses web development. Kenapa? Karena Node JS memungkinkan developer untuk membuat aplikasi server side dengan menggunakan javascript.
Nah, saat ini sudah mulai bermunculan banyak framework yang dibuat menggunakan Node JS. Framework Node JS ini tentunya akan mempermudah kita dalam proses web development. Karena tentunya sudah disertai beberapa library dan helper yang dapat mempercepat proses pembuatan aplikasi.
Apa saja framework Node JS yang bisa kalian coba? Simak 5 Framework Node JS berikut.

Express.js

Express JS
Express JS
Express JS adalah framework berbasis Node JS yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi berbasis web. Express JS dapat dikatakan salah satu framework tertua dan paling banyak banyak digunakan oleh developer.
Express JS sendiri dikembangkan dengan mengabstraksi HTTP request dan response. Sehingga diperlukan penambahan beberapa library khusus untuk membuat framework ini dapat melakukan lebih banyak hal. Misalnya untuk terhubung dengan basis data, membuat autentikasi pengguna dan beberapa hal lainnya.
Walaupun begitu, express js tetap jadi pilihan banyak developer. Bahkan, banyak framework lain yang dibuat berdasarkan Express JS ini.

Restify


Restify
Restify
Restify adalah framework yang dibangun berdasarkan Node JS dengan fokus untuk membuat Representational State Transfer atau biasa dikenal REST web services. Jadi framework ini fokus untuk membuat protokol komunikasi antara server dengan kliennya.
Framework ini sedikit banyak mirip dengan Express JS. Namun jika kalian ingin framework untuk pembuatan API untuk distribusi data ke web atau aplikasi mobile pihak ketiga, Restify dapat menjadi pilihan yang tepat.

AdonisJs

Adonis JS
Adonis JS
AdonisJS merupakan framework Node JS yang dikembangkan untuk kemudahan menulis syntax bagi developernya. Tidak hanya itu, banyak sekali fitur dan kemudahan yang disajikan framework ini tanpa harus ribet pasang ini itu.
Framework ini terbilang sangat kaya akan library dan helpernya, sehingga dapat memudahkan kita dalam proses pembuatan aplikasi. Bahkan jika kita lihat dokumentasinya, maka kita akan menemukan banyak sekali fitur yang tidak dapat ditemukan pada framework lainnya.
AdonisJs sedikit banyak meniru tujuan dari pembuatan framework Laravel. Bisa dikatakan, AdonisJS merupakan Laravel-nya NodeJS. Karena fitur dana gaya penulisan kode yang dapat kita temukan pada framework ini sangat mirip dengan gaya Laravel. Jadi kalau anda ingin beralih dari PHP ke Node JS bisa pertimbangkan untuk mencoba framework ini.

Sails

Sails JS
Sails JS
Sails merupakan framework berbasis Node JS yang menggunakan pola MVC. Framework ini merupakan turunan dari framework Express JS.
Sails dibuat dengan tujuan untuk mengembangkan aplikasi yang siap untuk tahapan produksi. Bahkan pengembangnya mengklaim bahwa developer bisa membuat aplikasi yang praktikal dan siap untuk produksi hanya dalam hitungan minggu, bukan bulan.
Benarkah begitu? Tentu saja tergantung developernya..
Walaupun begitu, memang Sails ini dibuat dengan banyak sekali fitur yang telah disediakan. Mulai dari yang sederhana seperti koneksi database, generate REST API, integrasi websocket, dan bahkan sampai frontend yang support untuk berbagai macam devices.

Meteor

Meteor JS
Meteor JS
Meteor adalah framework Node JS yang dibuat dengan fitur super lengkap. Kita tidak perlu menyediakan library pemrograman sendiri jika menggunakan framework ini. Selain itu framework ini juga menyediakan Atmosphere, semacam repository untuk packages yang dibuat untuk mendukung proses development pada Meteor Js.
Walaupun begitu, memang sedikit susah jika kita memerlukan beberapa kebutuhan yang tidak tersedia pada framework ini maupun pada Atmosphere.

Kesimpulan

Pada dasarnya, framework tidak menentukan kesuksesan sebuah aplikasi. Kita harus menciptakan mindset dimana aplikasi yang kita kembangkan nantinya harus memiliki performa yang baik, keamanan yang terjaga dan juga memberikan kemudahan bagi penggunanya.
Oke, mungkin itu saja yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua.. 


Demikianlah Artikel 5 Framework Node JS Populer yang Wajib Kamu Coba

Sekianlah artikel 5 Framework Node JS Populer yang Wajib Kamu Coba kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 5 Framework Node JS Populer yang Wajib Kamu Coba dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2018/01/5-framework-node-js-populer-yang-wajib.html