Cara Membuat Helper di Laravel 5.5 - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Membuat Helper di Laravel 5.5, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel featured, Artikel laravel, Artikel laravel helper, Artikel php, Artikel Tutorial, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Membuat Helper di Laravel 5.5
link : Cara Membuat Helper di Laravel 5.5

Baca juga


Cara Membuat Helper di Laravel 5.5

Cara membuat helper di laravel 5.5

Pernahkah kalian membuat aplikasi dengan bantuan Helper di Laravel? Pasti pernah kan ya. Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat helper sendiri di Laravel.
Laravel sendiri telah menyediakan banyak sekali Helper yang bisa kalian gunakan untuk mempermudah proses development aplikasi. Tetapi, ada kalanya kita perlu membuat helper sendiri untuk mencegah terjadinya pengulangan kode secara terus menerus.

Studi Kasus Helper yang Akan Kita Buat

Pada tutorial ini, kita akan mencoba membuat helper sederhana supaya mudah dipahami. Kita akan membuat helper yang berfungsi untuk membuat format mata uang Rupiah dari suatu angka. Caranya cukup sederhana, karena kita akan memanfaatkan fungsi number_format dari php.

Membuat File Helper

Untuk membuat file helper, kita bisa menaruhnya dimanapun asalkan kita paham namespace nya.  Pada tutorial kali ini, kita akan membuat file helper kita pada direktori app\Helpers\. Secara default folder Helpers tidak ada, sehingga silahkan buat dahulu. 
Selanjutnya buat file helper kita dengan nama Rupiah.php dengan isi sebagai berikut.
<?php
namespace App\Helpers;

class Rupiah {
public static function getRupiah($value) {
$format = "Rp " . number_format($value,2,',','.');
return $format;
}
}
Pada dasarnya isi dari file helper hanyalah sebuah class biasa. Pada kasus ini saya membuat class Rupiah dengan satu fungsi getRupiah(). Fungsi ini akan digunakan untuk mencetak nilai rupiah dari angka yang kita masukkan.

Membuat File Provider

Untuk memudahkan kita dalam menggunakan Helper ini nantinya, kita akan membuat sebuah provider baru pada laravel. Silahkan jalankan perintah ini pada terminal untuk membuat provider baru.
php artisan make:provider RupiahServiceProvider
Perintah diatas akan membuat file provider baru pada direktori app\Providers\RupiahServiceProvider.php. Selanjutnya kita akan mendaftarkan helper kita pada method register().
public function register()
{
require_once app_path() . '/Helpers/Rupiah.php';
}

Mendaftarkan Provider

Supaya provider yang kita buat dapat digunakan, kita harus mendaftarkannya pada file konfigurasi aplikasi kita. Silahkan tambahkan 2 baris kode berikut pada config\app.php.
'providers' => [


/*
* Application Service Providers...
*/
.
.
.
.
App\Providers\RupiahServiceProvider::class,

],

'aliases' => [

.
.
.
'Rupiah' => App\Helpers\Rupiah::class,

]
Sampai disini, Helper kita sudah siap untuk digunakan dalam aplikasi. Selanjutnya kita akan mencoba menggunakannya.

Menggunakan Helper Custom Kita

Skenario uji coba kita sederhana saja. Kita akan membuat route yang akan menerima sebuah parameter angka. Jadi kita akan menggunakan route rupiah/{angka} untuk uji coba kita. Buka file route pada direktori routes\web.php dan buat route tersebut.
Route::get('/rupiah/{angka}', function ($angka) {
return Rupiah::getRupiah($angka);
});
Sekarang coba helper kita dengan menjalankan laravel dan membuka route rupiah/500250. Tentu saja kalian bebas menaruh angka berapa saja pada route tersebut. Hasilnya aplikasi akan menampilkan bentuk rupiah dari angka yang kita masukkan. Kita juga bisa menggunakan Helper yang telah dibuat pada controller maupun view.

Kesimpulan

Pembuatan helper ini dapat berguna jika kita memiliki sejumlah kode yang digunakan berulang secara terus menerus. Daripada capek mengulang kode, lebih baik kalau kita menjadikannya helper seperti contoh diatas. Apalagi pembuatan helper di laravel terbilang cukup mudah.
Oke, sekian dulu tutorial cara membuat helper pada laravel. Semoga bisa bermanfaat bagi temen temen semua.
Jika kalian menyukai tulisan ini, silahkan share supaya lebih banyak orang tahu tentang hal ini..


Demikianlah Artikel Cara Membuat Helper di Laravel 5.5

Sekianlah artikel Cara Membuat Helper di Laravel 5.5 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Membuat Helper di Laravel 5.5 dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2018/01/cara-membuat-helper-di-laravel-55.html