Cardview dan Recyclerview Android Studio - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cardview dan Recyclerview Android Studio, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel android, Artikel Android Studio, Artikel gridview, Artikel Recyclerview, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cardview dan Recyclerview Android Studio
link : Cardview dan Recyclerview Android Studio

Baca juga


Cardview dan Recyclerview Android Studio


     Hai guys, udah lama nih ga bikin tutor, kelamaan off skill jadi tumpul semua dan ga tau apa-apa lagi.Nah untuk kali ini aku bakalan sharing cara gimana bikin design cardview seperti gambar di atas dengan menggunakan android studio 3.0.1.
     Nah, pertama kali kalian bikin project baru atau project lama pun gapapa sih nah pertama kalo kalian punya icon untuk designnya boleh disiapin dulu kalau bisa formatnya .svg ya, bagi yang belum punya bisa download di https://www.flaticon.com/ disana banyak jenis icon yang bisa kamu pakai dan tentunya free donk. 
     Setelah kamu bikin project baru kita import dulu icon yang ada, caranya dengan klik kanan pada folder drawable->new->vector asset. 

   

    Setelah semua persiapan selesai saatnya file xml-nya diotak atik. Namun sebelum itu kita buat dulu dalam file gradle appnya pada bagian dependency-nya library cardview dan recyclerview.

compile 'com.android.support:recyclerview-v7:26.1.0'
compile 'com.android.support:cardview-v7:26.1.0'  
 
    Seperti contoh diatas, nah untuk selanjutnya lakukan sinkronisasi pada gradlenya, setelah itu selesai maka pada bagian xml main activity-nya.


     Selanjutnya kita bikin xml baru untuk penataan isi dari recyclerviewnya. Klik kanan pada layout-> new->layout resource file untuk sekarang kita buat namanya main menu, lalu buat kodingan seperti dibawah ini.


Dan hasilnya akan menjadi seperti ini.

  

Untuk melihat tampilan jadi dari yang kita buat pada main activity kita tambahkan beberapa kode menjadi seperti dibawah ini.

sehingga hasinya seperti dibawah ini, dan itu adalah bentuk dari hasil jadi gridview kita , ingat itu cuma contoh, tapi ga akan muncul didevice.

    Setelah design xml-nya selesai maka kita buat model data dari menunya.kita buat kelas baru sekarang kita buat dengan nama ModelMainMenu isinya seperti dibawah ini


Setelah model nya selesai kita buat selanjutnya kita buat adapter untuk mainmenunya

Dan setelah itu  kita buat isi dari Main_activitynya seperti dibawah ini

Selanjutnya kita lihat hasilnya dengan menjalankannya pada mobile atau emulator
    Nah itulah guys,cara membuat tampilan Gridview, untuk source code dapat kalian lihat di github saya  dan bisa didownload disini. Jika ada yang ingin ditanyakan bisa menghubungi adek ,jika ada salah mohon maaf guys,masih belajar.Keep Awesome Guys .


Demikianlah Artikel Cardview dan Recyclerview Android Studio

Sekianlah artikel Cardview dan Recyclerview Android Studio kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cardview dan Recyclerview Android Studio dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2018/03/cardview-dan-recyclerview-android-studio.html