PHP : Perulangan - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul PHP : Perulangan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Looping, Artikel Pemrograman Web, Artikel Perulangan, Artikel php, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : PHP : Perulangan
link : PHP : Perulangan

Baca juga


PHP : Perulangan

Pernahkah kita melakukan suatu pekerjaan berulang-ulang, seperti mandi tiap pagi dan sore hari, tidur di malam hari, dan rutinitas yang lain yang itu berulang ulang ? di dalam pemrograman kita pasti akan sering menemui berbagai permasalahan yang membutuhkan perulangan. 

Di pemrograman PHP, untuk mengimplementasikan perulangan / looping, ada beberapa fungsi / syntax yang disediakan antara lain for, foreach, while dan do.... while. Mari kita pelajari satu persatu. Adapun Flow / tahapan perulangan jika digambar berupa flowchart adalah seperti gambar berikut.

Contoh Kasus

Misalnya kita akan menampilkan kalimat "Aku Cinta Padamu" 10 kali di layar komputer, bagaimana kodenya dengan PHP ? mungkin seperti kode berikut.
<?php 

echo "Aku Cinta Padamu </br/>";
echo "Aku Cinta Padamu </br/>";
echo "Aku Cinta Padamu </br/>";
echo "Aku Cinta Padamu </br/>";
echo "Aku Cinta Padamu </br/>";
echo "Aku Cinta Padamu </br/>";
echo "Aku Cinta Padamu </br/>";
echo "Aku Cinta Padamu </br/>";
echo "Aku Cinta Padamu </br/>";
echo "Aku Cinta Padamu </br/>";

?>
kode di atas jika kita jalankan akan menghasilkan tampilan seperti berikut.

itu jika 10 kali, kalau harus menampilkan 100 kali ? 1000 kali ? atau lebih ? apa masih mungkin kita menulis kode sebanyak itu ?

For

Perintah for mempuyai struktur syntax sebagai berikut : 
<?php 

for ( variabel counter; check variabel counter; increment variabel counter) {
// perintah yang dijalankan berulang
}
?>
pada bagian variabel counter merupakan bagian untuk mendefinisikan variabel / membuat variabel bertipe integer yang kemudian dilakukan checking pada bagian check variabel counter. Jika checking bernilai true, maka perintah yang berada di dalam blok kode / kurung kurawal "{ }" akan dijalankan dan setelah di jalankan akan melakukan increment / decrement variabel dan diulang terus menerus sampai hasil check variabel counter bernilai false. Untuk lebih jelasnya mari kita langsung praktek: 
<?php 
$max = 10;
for ( $i = 0; $i < $max ; $i++) {
echo "Aku Cinta Padamu <br/>";
}
?>
dan coba dijalankan di browser, maka hasilnya akan mengeluarkan kalimat "Aku Cinta Padamu" sebanyak 10 kali. Sekarang mari kita bedah jalannya program: 
  1. pertama kita definisikan variabel $max yang berisi batas maksimal perulangan yang dalam hal ini kita hanya akan menampilkan kalimat "Aku Cinta Padamu" sebanyak 10 kali
  2. for adalah perintah untuk melakukan perulangan
  3. kemudian kita membuat valiabel $i = 0; yang kita set nilainya 0
  4. kemudian variabel $i di cek dan dibandingkan apakah $i lebih kecil dari $max.
  5. jika $i lebih kecil dari $max maka jalankan perintah echo "Aku Cinta Padamu";
  6. kemudian $i dilakukan increment / penambahan nilai 1 dengan perintah $i++ sehingga nilai variabel $i menjadi 1
  7. kemudian berulang terus ke poin nomor 4, 5, 6 sampai nilai $i sama dengan nilai $max
  8. selesai

While

Untuk perintah while, struktur kodenya seperti berikut : 
<?php 

while (condition is true) {
code to be executed;
}

?>
kemudian untuk implementasi studi kasus di atas, seperti baris kode berikut: 
<?php 

$i = 0;
$max = 10;
while ( $i < $max ) {
echo "Aku Cinta Padamu <br/>";
$i++;
}

?>
dan coba dijalankan di browser, maka hasilnya akan mengeluarkan kalimat "Aku Cinta Padamu" sebanyak 10 kali. Sekarang mari kita bedah jalannya program:

  1. pertama, kita buat variabel $i sebagai counter dan $max sebagai batas maksimal menjalankan program
  2. while adalah perintah untuk melakukan perulangan
  3. $i < $max adalah melakukan pengecekan, apakah nilai dari $i lebih kecil dari nilai $max. Jika Iya / True / Benar, maka jalankan poin nomor 4 dan Jika Salah / False maka jalankan poin 5
  4. jalankan perintah echo "Aku Cinta Padamu <br/>"; dan lakukan increment / penambahan  1 nilai pada variabel $i dengan perintah $i++; sehingga $i menjadi bernilai 1. Kemudian ulang / kembali ke poin 3.
  5. selesai.

Do... While

Perbedaan While dengan Do While adalah pada kode while, nilai variabel di bandingkan dulu / di cek, jika benar baru kode yang di dalam blok akan dijalankan sedangkan pada Do... While blok kode dijalankan dulu baru dilakukan cek nilai variabel. Adapun perintah Do... while mempunyai struktur kode seperti berikut.
<?php 

do {
code to be executed;
} while (condition is true);

?>
dan untuk implementasi studi kasus adalah seperti berikut :
<?php 

$i = 0;
$max = 10;

do {
echo "Aku Cinta Padamu <br/>";
$i++;
} while ($i <= $max);

?>
dan coba dijalankan di browser, maka hasilnya akan mengeluarkan kalimat "Aku Cinta Padamu" sebanyak 10 kali. Sekarang mari kita bedah jalannya program:


    1. pertama, kita buat variabel $i sebagai counter dan $max sebagai batas maksimal menjalankan program
    2. do adalah blok program yang akan di jalankan, yaitu menjalankan perintah echo "Aku Cinta Padamu <br/>"; dan melakukan penambahan nilai 1 angka terhadap variabel $i dengan perintah $i++; sehingga $i bernilai 1.
    3. kemudian cek nilai variabel $i dengan kode $i <= $max. Jika $i lebih kecil atau sama dengan $max maka jalankan kembali perintah nomor 2, dan Jika tidak maka jalankan perintah nomor 4.
    4. selesai.

    Menggabungkan Perulangan Dengan Percabangan

    Studi Kasus : Menghitung Bilangan Ganjil Dan Genap Antara 0 sampai 10

    For : 

    <?php 

    $max = 10;

    for ($i = 0; $i <= $max; $i++) {
    if ($i % 2 == 0){
    echo $i . " Genap <br/>";
    } else {
    echo $i . " Ganjil <br/>";
    }
    }

    ?>

    While:

    <?php 

    $i = 0;
    $max = 10;

    while ($i <= $max) {
    if ($i % 2 == 0){
    echo $i . " Genap <br/>";
    } else {
    echo $i . " Ganjil <br/>";
    }
    $i++;
    }

    ?>

    Do...While:

    <?php 

    $i = 0;
    $max = 10;

    do {
    if ($i % 2 == 0){
    echo $i . " Genap <br/>";
    } else {
    echo $i . " Ganjil <br/>";
    }
    $i++;
    } while ($i <= $max);

    ?>
    dan ketiganya apabila di jalankan akan menghasilkan seperti gambar berikut :

    sementara cukup sekian dulu ya, untuk perulangan foreach nanti saya bahas bareng sama membahas array. Sekian dari saya, kita lanjut membahas Function pada tulisan saya selanjutnya.

    selanjutnya : https://catatan-pemrograman.blogspot.com/2020/05/php-function.html



    Demikianlah Artikel PHP : Perulangan

    Sekianlah artikel PHP : Perulangan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

    Anda sekarang membaca artikel PHP : Perulangan dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2018/12/php-perulangan.html