Belajar Codeigniter -- Pengenalan & Pendahuluan - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Belajar Codeigniter -- Pengenalan & Pendahuluan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel codeigniter, Artikel Pemrograman Web, Artikel php, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Belajar Codeigniter -- Pengenalan & Pendahuluan
link : Belajar Codeigniter -- Pengenalan & Pendahuluan

Baca juga


Belajar Codeigniter -- Pengenalan & Pendahuluan


codeigniter.png


Pada artikel kali ini (dan mungkin beberapa artikel berikutnya), manuksare akan membahas seputar codeigniter. Untuk artikel pertama saya menamainya dengan Belajar Codeigniter -- Pengenalan & Pendahuluan yang berarti ini akan berisi tentang pengenalan serta pendahuluan tentang codeigniter. Mari langsung saja ke intinya.


Apa itu Codeigniter?


CodeIgniter (CI) adalah sebuah framework PHP yang bersifat open source. Codeigniter mempunyai tujuan utama untuk membantu pengembang dalam mengerjakan agar lebih cepat dibanding menulis semua code dari awal. Codeigniter mempunyai banyak library yang dapat membantu hal itu. Codeigniter menggunakan design-pattern MVC (Model-View-Controller), yang merupakan salah satu design pattern paling cocok untuk pengembangan web. Dilihat dari sejarahnya, CodeIgniter diperkenalkan pada 28 februari 2006 oleh Rick Ellis bersama perusahaanya EllisLab Team.

Apa Kelebihan Codeigniter ?


Dikutip dari dokumentasi codeigniter, Codeigniter sebagai sebuah framework mempunyai beberapa kelebihan sebagai berikut :


  1. Codeigniter adalah cepat. Rasmus Lerdorf (pembuat PHP) sangat menyukai codeigniter karena kecepatannya, dia mengatakan "because it is faster, lighter and the least like a framework".

  2. Codeigniter mendukung konsep URL friendly dan meminimalisasi penggunaan $_GET.

  3. Kemudahan, menurut beberapa developer codeigniter lebih mudah dipelajari dari pada framework PHP lain.

  4. Mempunyai dokumentasi yang jelas dan komunitas yang cukup banyak. Dengan adanya dokumentasi yang jelas, maka akan kita akan lebih mudah untuk mempelajarinya dan jika kita mengalami masalah yang mentok kita bisa bertanya ke komunitas.

Mengenal Pattern MVC pada Codeigniter


Seperti telah disebut diatas, CI menggunakan design pattern MVC (model-view-controller). Apa itu MVC ?. MVC adalah sebuah teknik pemrograman yang memisahkan antara bisnis logic (alur pikir), data logic (penyimpanan data) dan presentation logic (antarmuka aplikasi). Secara sederhana adalah memisahkan antara desain, data dan proses. Mari kita bahas satu persatu.


  1. Model berhubungan dengan data/informasi yang ada di database. Model juga


    merepresentasikan struktur data dari aplikasi yang bisa berupa basis data maupun data lain, misalnya dalam bentuk file teks, file XML maupun webservice. Sebuah aplikasi web umumnya menggunakan basis data dalam menyimpan data, maka pada Model tugasnya adalah berhubungan dengan perintah-perintah query SQL.

  2. View merupakan segala hal yang berhubungan dengan tampilan. Bisa berupa


    halaman web, rss, javascript, CSS dan lain-lain. Di dalam view hanya berisi variabel-variabel yang berisi data yang siap ditampilkan. Kita harus menghindari pemrosesan data, bahkan bisa dikatakan haram jika di dalam view itu ada kode untuk melakukan koneksi ke basis data. View hanya dikhususkan untuk menampilkan data-data hasil dari model dan controller

  3. Controller. Jika model adalah berhubungan dengan data, dan view berhubungan dengan tampilan. Maka controller merupakan pengatur antara keduanya. Controller menangani dan menerjemahkan request dari browser pengunjung. Kemudian dia akan mengatur bagaimana dan kapan data harus diambil dari model dan diberikan ke view, dan kapan view harus ditampilkan ke browser. Lebih jelasnya tugas controller adalah menyediakan berbagai variabel yang akan ditampilkan di view, memanggil model untuk melakukan akses ke basis data, menyediakan penanganan kesalahan/error, mengerjakan proses logika dari aplikasi, melakukan validasi atau cek terhadap input serta mengani dan menerjemahkan request dari pengunjung.



Mungkin hanya itu saja artikel tentang belajar Codeigniter Bab Pengenalan dan Pendahuluan. Sebelum diakhiri, kita dilarang belajar Codeigniter jika kita belum paham PHP utamanya konsep OOP dalam PHP. Jadi jika kita baru belajar PHP dasar, jangan coba-coba untuk langsung mempelajari Codeigniter. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, semoga bermanfaat. wassalam.


Demikianlah Artikel Belajar Codeigniter -- Pengenalan & Pendahuluan

Sekianlah artikel Belajar Codeigniter -- Pengenalan & Pendahuluan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Belajar Codeigniter -- Pengenalan & Pendahuluan dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2019/08/belajar-codeigniter-pengenalan.html