Apa itu PLC - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Apa itu PLC, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Elektronika, Artikel plc, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Apa itu PLC
link : Apa itu PLC

Baca juga


Apa itu PLC

Selamat sore   kali ini saya akan membagikan artikel mengenai PLC. PLC atau program logic controler., mungkin dari sobat sekalian pernah ada yang mendengar atau mungkin sedang mencari pencerahan apa itu PLC.  

PLC Seri CP1E


PLC adalah sebuah unit atau perangakat  elektronik yang mampu diberikan tugas dengan memberikan program tertentu  misalnya membuka pintu gerbang otomatis ketika tuan rumahnya  datang  PLC tau tuan rumahnya datang karena dilengkapi input/sensor pembaca  gerakan tubuh. 

Dari analogi pintu gerbang otomatis dapat diketahui jika PLC memiliki input/sensor pembaca gerakan tubuh lalu memiliki output karena dilanjutkan dengan membuka pintu gerbang.

Jika kita telah mampu membayangkan apa itu PLC bagaimana alat ini mampu diberikan tugas dengan memberikan program tertentu. Saatnya kita mengetahui  seperti apa input dan output dari PLC dan program apa yang dipakai untuk menjalankan tugasnya.

Input PLC memiliki dua tipe input yaitu input digital dan input analog. Input digital  berarti hanya ada on dan off saja, untuk memberikan plc input on maka diberikan tegangan 24 volt DC dan jikan diberi input off maka tegangan 24 volt dc dimatikan. Untuk analog PLC diberikan input arus mulai dari 4 mA sampai dengan 24 mA atau bisa juga tegannga mulai dari 1 volt hingga  10 volt.

Untuk program PLC menggunakan program ladder atau diagram ladder. Diagram ladder ini  adalah kumpulan instrusi built in dari PLC, yang terdiri dari logic saklar dan relay.

Sobat tinggal pakai saja. Misal instruksi  saklar untuk menerima on off dan instruksi relay untuk membuat koneksi on dan off.

Ada banyak merek PLC yang ada di pasaran seperti mitsubishi, siemens  atau omron.  Saya disini menggunakan contoh PLC omron..karena memang familiar di PLC omron .. JPLC omron adalah merek PLC yang berasal dari jepang.  PLC omron terbagi 3 katagori.

        1.Mikro PLC  (Serinya CP1E)

       2. Basic PLC (Serinya CJ1M)

       3. Modular PLC  (Serinya CJ1H)

     Pada model mikro ada cp1e, pada model basic ada cj1m dan pada model  modular ada Cj1h. Ketiganya sama saja yang membedakan hanya kapasitas dan kelengkapan fiturnya.

 Yuk kita lihat  salah satu seri PLC omron yaitu model  Cp1E.  Cara membaca CP1E N20DRA  ini adalah sebagai berikut 


CP1E : adalah serinya, 

N :adalah fasilitas nya,

D : mewakili input menggunakan power  DC yaitu 24 Volt DC

R: Mewakili output dengan relay yaitu normal close dan open

A : Mewakili power supply PLC menggunakan 100 vac s/d 220 AC

 

Berikut ini adalah cara wiring dari PLC seri CP1E. Sesuai dengan informasi model nya maka kita akan melakukan instalasi PLC sehingga bisa langsung di praktekkan. PLC memiliki  terminal terminal sebagai berikut :

1.       Power Supply

2.       Terminal Input

3.       Terminal Output

4.       Terminal USB

5.       Terminal RS232

 

Penjelasannya:

1.       Power supply , merupakan sumber tenaga untuk menghidupakan PLC menggunakan tegangan 100 VAC sampai dengan 220 VAC adapula yang mengunakan tegagan 24 VDC.

2.       Terminal input adalah terminal masukan yang akan diberikan tegangan DC 24 VDC. Dengan memberikan tegangan 24 VDC  ke input PLC berarti memberikan logika 1.

       Dengan tidak memberikan tegangan 24 VDC  ke input PLC berarti memberikan logika 0. Pada model cp1e N hanya tersedia input tipe digital tanpa ada input tipe analog.

3.       Terminal output adalah terminal koneksi  on dan off. Berisi relay yang akan melakukan kerja saklar.

4.       Terminal USB digunakan saat kita akan melakukan pemrograman PLc menggunakan diagram ladder. Pemrograman plc menggunakan program cx one.

5.       Terminal RS 232 adalah terminal yang dipakai untuk koneksi ke monitor/layar atau di kenal HMI. HMI dipakai untuk melihat status output PLC ataupun kita bisa memberi input lewat monitor HMI taouch screen yang telah diprogram.  HMI saya menggunakan weintek menggunakan program Easy builder.

Demikian artikel singkat mengenai PLC, di  artikel lain kita akan coba bahas beberpa instruksi dasar dari plc seperti kontak, koil, instruksi. Dan membuat program sederhana seperti membuka pintu gerbang secara otomatis.

 




Demikianlah Artikel Apa itu PLC

Sekianlah artikel Apa itu PLC kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Apa itu PLC dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2019/11/apa-itu-plc.html