Tutorial membuat library sendiri di Codeigniter (CI) - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tutorial membuat library sendiri di Codeigniter (CI), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel codeigniter, Artikel Pemrograman Web, Artikel php, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tutorial membuat library sendiri di Codeigniter (CI)
link : Tutorial membuat library sendiri di Codeigniter (CI)

Baca juga


Tutorial membuat library sendiri di Codeigniter (CI)

codeigniter.pngPada artikel ini kita akan membahas tentang cara membuat library sendiri di Codeigniter (CI). Codeigniter sebagai salah satu framework PHP yang cukup mudah untuk digunakan dan dipelajari mempunyai beberapa fitur, salah satunya adalah fitur library. Library merupakan sebuah class yang nantinya bisa kita gunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam pengembangan aplikasi web kita. Namun kadang kita merasa perlu untuk membuat library sendiri, karena merasa library bawaan codeigniter tidak memenuhi kebutuhan kita dalam pembuatan web. Ellislab pun sebagai pengembang codeigniter menyadari akan hal itu. Maka mereka menyediakan sebuah cara bagi kita untuk membuat library sendiri.


Ada tiga metode / cara bagi kita untuk membuat sebuah library. Pertama kita benar-benar membuat sebuah library baru, buatan kita sendiri. Kedua, kita menurunkannya dari library yang sudah ada. Untuk cara kedua ini biasanya jika kita ingin menambah fitur library bawaan codeigniter dengan hanya satu atau dua fungsi. Ketiga adalah dengan mengganti library bawaan codeigniter. Cara ketiga ini biasanya dilakukan jika kita merasa bahwa library bawaan codeigniter tidak cocok dalam pengembangan aplikasi kita. Namun dalam artikel ini hanya akan dibahas tentang cara pembuatan library yang pertama, membuat sebuah library yang benar-benar baru.

Patut dicatat, bahwa semua library yang akan kita buat harus tersimpan pada folder application/libaries. Jadi, jika dalam artikel ini dikatakan simpan, maka letaknya ada di folder application/libraries.

Untuk membuat library baru buatan sendiri, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

(misalnya kita akan membuat sebuah library Mahasiswa yang nantinya kita dapat memasukkan Nama, Jurusan, Universitas dan kita dapat mencetak data-data mahasiswa itu).

1. Buat sebuah file baru dengan nama Mahasiswa.php (Nama file harus diawali dengan huruf kapital).

2. Isi file Mahasiswa.php itu dengan kode dibawah ini :

<?php if ( ! defined('BASEPATH')) exit('No direct script access allowed');

class Mahasiswa {


protected $_data;


public function __construct()


{


$this->_data = new stdClass;


}


public function add_data($option, $value)


{


switch ($option) {


case 'nama' :


case 'jurusan' :


case 'universitas' :


$this->_data->$option = $value;


break;


default :


break;


}


}


public function print_data()


{


if(count(get_object_vars($this->_data)) > 0)


{


foreach(get_object_vars($this->_data) as $y => $z)


{


echo ucfirst($y)." = $z<br/>\n";


}


}


}


}

Penjelasan kita membuat sebuah kelas yang dapat digunakan untuk menyimpan data nama, jurusan, dan universitas seorang mahasiswa dan mencetak data itu.

Yang paling penting adalah bukan penjelasn dari kelasnya. Tapi lihatlah deklarasi kelas Mahasiswa. Kita menggunakan huruf kapital dari awal nama kelas dan itulah aturan dari codeigniter.

Jangan lupa simpan file Mahasiswa.php itu.

Sampai disini, kita telah membuat sebuah library Mahasiswa. Untuk dapat menggunakannya, pada aplikasi web kita library hanya tinggal di load saja menggunakan syntax $this->load->library('mahasiswa'); lihatlah kata mahasiswa menggunakan nama yang sama dengan file Mahasiswa.php hanya huruf awalnya sekarang tidak kapital.




Demikianlah Artikel Tutorial membuat library sendiri di Codeigniter (CI)

Sekianlah artikel Tutorial membuat library sendiri di Codeigniter (CI) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tutorial membuat library sendiri di Codeigniter (CI) dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2019/12/tutorial-membuat-library-sendiri-di.html