Memahami Include, Include_once, Require, dan Require_once Pada PHP - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Memahami Include, Include_once, Require, dan Require_once Pada PHP, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Fungsi Bawaan PHP, Artikel php, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Memahami Include, Include_once, Require, dan Require_once Pada PHP
link : Memahami Include, Include_once, Require, dan Require_once Pada PHP

Baca juga


Memahami Include, Include_once, Require, dan Require_once Pada PHP

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai statement include, include_once, require, dan require_once pada PHP, yang terkadang membuat bingung, mana yang seharusnya digunakan.
Jump to:
  1. Perbedaan Include, include_once, require, dan require_once pada PHP
  2. Perbandingan perfomance antara include, include_once, require, dan require_once
  3. Kapan kita menggunakan include, include_once, require, dan require_once?
  4. Contoh penggunaan require_once pada PHP

I. Include Pada PHP

Seperti terjemahannya include berarti memasukkan, artinya kita memasukkan file kedalam dokumen kita, file tersebut bisa apa saja, termasuk script PHP, file konfigurasi, file HTML, dll.
Penulisan include pada PHP dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan bentuk fungsi atau bentuk statement, contoh:
<?php
// Bentuk fungsi
include ('includes/header.php');

// Bentuk statement
include 'includes/header.html';
Sobat dapat memilih mana yang lebih nyaman digunakan.
Ketika PHP gagal meng-include file yang dimaksud, maka script PHP tetap berjalan, hanya ada peringatan berupa warning bahwa file tidak ditemukan, warning ini cukup dihilangkan dengan menambahkan tanda @ di awal menjadi @include

II. Include_once Pada PHP

Sama seperti include namun kali ini dengan tambahan _once, yang terjemahannya sekali, jadi kita ingin menyertakan file sekali saja.
Sehingga ketika kita menuliskan include_once lebih dari sekali pada file yang sama, maka hanya include_once yang pertama yang dijalankan.
Berikut ini contoh penulisan include_once pada PHP:
<?php
// Bentuk fungsi
include_once ('includes/header.php');

// Bentuk statement
include_once 'includes/header.php';
Seperti sebelumnya ketika PHP gagal meng-include file, maka akan muncul peringatan berupa warning bahwa file tidak ditemukan, yang juga dapat dihilangkan dengan penambahan @
Note: Salah satu perbedaan mendasar dengan require adalah bahwa dengan include maka ketika file tidak ditemukan, script tetap berjalan.

III. Require Pada PHP

Seperti terjemahannya, require berarti butuh, artinya kita butuh file tersebut, sehingga jika file tersebut tidak ada maka script selanjutnya tidak akan berjalan.

Penulisan require pada PHP

Seperti sebelumnya, require pada php dapat ditulis dalam dua cara, yaitu bentuk fungsi dan statement, contoh:
<?php
// Bentuk fungsi
require ('includes/header.php');

// Bentuk statement
require 'includes/header.php';
Ketika file includes/header.php tidak ditemukan, maka akan muncul pesan Fatal error, seperti kita ketahui bahwa Fatal error artinya script berhenti.

IV. Require_once Pada PHP

Sama seperti require, namun kali ini, file hanya disertakan sekali, sehingga jika ada beberapa kali require_once, maka hanya file pertama yang disertakan.

Penulisan require_once pada PHP

Berikut ini contoh penulisan require_once pada PHP:
<?php
// Bentuk fungsi
require_once ('includes/header.php');

// Bentuk statement
require_once 'includes/header.php';
Sama seperti require, ketika file includes/header.php tidak ditemukan, maka script akan berhenti dan muncul pesan Fatal error

V. Perbedaan Include, include_once, require, dan require_once pada PHP

Jadi berdasarkan penjelasan diatas maka perbedaan dari keempat statement tersebut adalah:
  1. include dan require hampir sama yaitu kita dapat menyertakan file yang sama persis berulang kali, namun bedanya, pada require, jika file tidak ditemukan maka script akan berhenti dan muncul pesan Fatal error sedangkan pada include script dapat tetap berjalan.
  2. kegunaan include_once dan require_once juga mirip, yaitu kita menyertakan file hanya sekali, namun bedanya pada require_once jika file tidak ditemukan maka script akan berhenti sedangkan pada include_once script tetap berjalan.
Jika digambarkan bentuk tabel, perbedaan include, include_once, require, dan require_once pada PHP adalah:


Demikianlah Artikel Memahami Include, Include_once, Require, dan Require_once Pada PHP

Sekianlah artikel Memahami Include, Include_once, Require, dan Require_once Pada PHP kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Memahami Include, Include_once, Require, dan Require_once Pada PHP dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2020/02/memahami-include-includeonce-require.html