Tutorial PHP: Cara Menggabungkan (Konversi) Array Menjadi String (Fungsi implode) - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tutorial PHP: Cara Menggabungkan (Konversi) Array Menjadi String (Fungsi implode), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Fungsi Bawaan PHP, Artikel php, Artikel Tutorial PHP Dasar, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tutorial PHP: Cara Menggabungkan (Konversi) Array Menjadi String (Fungsi implode)
link : Tutorial PHP: Cara Menggabungkan (Konversi) Array Menjadi String (Fungsi implode)

Baca juga


Tutorial PHP: Cara Menggabungkan (Konversi) Array Menjadi String (Fungsi implode)

Jika PHP memiliki fungsi explode() untuk menkonversi string menjadi array, maka fungsi implode() adalah kebalikannya, yakni menggabungkan atau menkonversi array menjadi sebuah string. Dalam tutorial PHP kali ini kita akan membahas pengertian dan cara penggunaan fungsi implode di PHP.

Pengertian Fungsi implode PHP

Fungsi implode() adalah fungsi bawaan PHP untuk menggabungkan array menjadi string. Berikut format dasar penulisan fungsi implode:
string implode ( string $glue , array $pieces )
  • Hasil akhir fungsi implode berupa string.
  • Argumen pertama diisi dengan string ($glue) yang berfungsi sebagai karakter penyatu array.
  • Argumen kedua diisi dengan array ($pieces), yakni array yang akan digabungkan.
Berikut contoh penggunaannya:
1
2
3
4
5
6
<?php
$arr_kata = ["satu", "dua", "tiga", "empat", "lima"];
$kalimat = implode(" ",$arr_kata);
echo $kalimat;
// satu dua tiga empat lima
?>
Pada kode diatas, variabel $arr_kata berisi array dengan 5 element, kemudian saya menggabungkannya menjadi string menggunakan fungsi implode(” “,$arr_kata). Hasilnya, setiap element array akan digabung dengan spasi.
Kita juga bisa menggunakan karakter lain untuk penggabungan ini, seperti contoh berikut:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
<?php
$arr_kata = ["satu", "dua", "tiga", "empat", "lima"];
$kalimat = implode(", ",$arr_kata);
echo $kalimat;
// satu, dua, tiga, empat, lima
?>
<br>
<?php
$arr_kata = ["satu", "dua", "tiga", "empat", "lima"];
$kalimat = implode(" | ",$arr_kata);
echo $kalimat;
// satu | dua | tiga | empat | lima
?>
Dalam dua contoh diatas, saya menggunakan karakter “ ,” dan “ | ” sebagai pemisah string. Perhatikan juga bahwa fungsi implode() tidak menambahkan karater tersebut di awal dan akhir string, tapi hanya diantara element array.
Karena alasan historis, PHP juga membolehkan penulisan fungsi implode() hanya dengan 1 argumen, yakni array yang akan digabung:
1
2
3
4
5
6
<?php
$arr_kata = ["satu", "dua", "tiga", "empat", "lima"];
$kalimat = implode($arr_kata);
echo $kalimat;
// satuduatigaempatlima
?>
Fungsi implode() diatas sebenarnya sama dengan fungsi implode(“”, $arr_kata), dimana kita menggunakan string kosong untuk menggabungkan array. Hasil akhirnya, seluruh string digabung tanpa ada pemisah (menjadi 1 string panjang). Namun agar konsisten dengan fungsi explode(), sebaiknya kita tetap menggunakan 2 argumen untuk fungsi implode() ini.

Dalam tutorial belajar PHP ini kita telah membahas cara mengkonversi array menjadi string. Fungsi ini biasanya digunakan secara berpasangan dengan fungsi explode.



Demikianlah Artikel Tutorial PHP: Cara Menggabungkan (Konversi) Array Menjadi String (Fungsi implode)

Sekianlah artikel Tutorial PHP: Cara Menggabungkan (Konversi) Array Menjadi String (Fungsi implode) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tutorial PHP: Cara Menggabungkan (Konversi) Array Menjadi String (Fungsi implode) dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2020/02/tutorial-php-cara-menggabungkan.html