Tutorial Xamarin Android : Membuat Aplikasi Luas Segitiga - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tutorial Xamarin Android : Membuat Aplikasi Luas Segitiga, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel tutorial xamarin, Artikel xamarin android, Artikel xamarin indonesia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tutorial Xamarin Android : Membuat Aplikasi Luas Segitiga
link : Tutorial Xamarin Android : Membuat Aplikasi Luas Segitiga

Baca juga


Tutorial Xamarin Android : Membuat Aplikasi Luas Segitiga

Selamat pagi pembaca blog xamarin indonesia, mohon maaf karena sabtu kemarin belum sempat menulis sebuah eksperimen ya hehe, baik pada kesempatan kali ini saya penasaran dengan aplikasi yang melibatkan operator aritmatika (+, - , x dan /) . Agar tidak terlalu membingungkan saya mencoba membuat aplikasi Luas Segitiga saja deh, hal ini mengingatkan saya saat belajar bahasa Java SE dahulu, latihan ini sungguh sangat berguna buat kita yang masih benar-benar belum paham dari mana mau memulai membuat program.

Dengan membuat aplikasi aritmatika yaitu luas segitiga, setidaknya kita akan belajar beberapa hal di xamarin android antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Belajar membuat id dari setiap element outline pada file layout kita, misalkan inputan form untuk menginput alasnya, atau inputan tingginya yang menggunakan EditText yaitu Plain Text yang diberikan id = txtAlas atau txtTinggi. 
  2. Belajar bagaimana button yang di berikan id bisa bekerja dan memproses variable inputan
  3. Belajar bagaimana hasil dari perkalian / penjumlahan yang ditampilan pada TextView yang sudah diberikan id .
Step 1
Buatlah sebuah project / solution baru bernama LuasSegitiga.

Step 2
Sekarang buka file Main.axml ini kemudian ketika code sebagai berikut .

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
    android:orientation="vertical"
    android:layout_width="match_parent"
    android:layout_height="match_parent"
    android:padding="30dp">
    <TextView
        android:text="Aplikasi Luas Segitiga"
        android:textAppearance="?android:attr/textAppearanceLarge"
        android:layout_width="match_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:id="@+id/textView1"
        android:gravity="center"
        android:layout_marginTop="14.0dp"
        android:layout_marginBottom="14.0dp" />
    <TextView
        android:text="Masukan Alas"
        android:textAppearance="?android:attr/textAppearanceSmall"
        android:layout_width="match_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:id="@+id/textView2" />
    <EditText
        android:layout_width="match_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:id="@+id/txtAlas" />
    <TextView
        android:text="Masukan Tinggi"
        android:textAppearance="?android:attr/textAppearanceSmall"
        android:layout_width="match_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:id="@+id/textView2" />
    <EditText
        android:layout_width="match_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:id="@+id/txtTinggi" />
    <Button
        android:text="Hitung"
        android:layout_width="match_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:id="@+id/btnHitung" />
    <TextView
        android:text="Text"
        android:layout_width="match_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:id="@+id/txtHasil"
        android:textSize="30dp"
        android:layout_marginTop="22.5dp" />
</LinearLayout>


Desainnnya kurang lebih seperti ini .

Nah, bisa kita lihat kita memiliki Inputan Alas, Tinggi lalu Button Hitung dan sebuah Text View yang akan menampilkan hasilnya.

Step 3
Selanjutnya kita akan memodifikasi file MainActivity.cs nya , nah difile ini kita tentunya akan membuat variable yang akan menampung data inputan kemudian memprosesnya agar bisa menciptakan keluaran atau hasil yang tepat. Buka file MainActivity.cs lalu ketikan code sebagai berikut .

using Android.App;
using Android.Widget;
using Android.OS;

namespace LuasSegitiga
{
 [Activity(Label = "LuasSegitiga", MainLauncher = true)]
 public class MainActivity : Activity
 {
  

  protected override void OnCreate(Bundle savedInstanceState)
  {
   base.OnCreate(savedInstanceState);

   // Set our view from the "main" layout resource
   SetContentView(Resource.Layout.Main);
   EditText alas = FindViewById<EditText>(Resource.Id.txtAlas);
   EditText tinggi = FindViewById<EditText>(Resource.Id.txtTinggi);
   Button hitung = FindViewById<Button>(Resource.Id.btnHitung);
   TextView hasil = FindViewById<TextView>(Resource.Id.txtHasil);

   double a;
   double t;
   double h;


   hitung.Click += delegate {
    a = double.Parse(alas.Text);
    t = double.Parse(tinggi.Text);
    h = a * t * 0.5;
    hasil.Text = h.ToString();
   };
  }


 }
}

Penjelasan :

Terlebih dahulu kita membuat variable yang akan menampung data inputan / proses dari id setiap componen di file Main.axml, kemudian buat variable double a, t dan h , double adalah tipe data yang bisa menampung data bilangan bulat atau desimal. Kemudian pada proses hitungnya kita delegasikan agar h = a x t x 0.5 (luas segitiga) dan cetak hasilnya pada textview hasil.

Terimakasih


Demikianlah Artikel Tutorial Xamarin Android : Membuat Aplikasi Luas Segitiga

Sekianlah artikel Tutorial Xamarin Android : Membuat Aplikasi Luas Segitiga kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tutorial Xamarin Android : Membuat Aplikasi Luas Segitiga dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2020/02/tutorial-xamarin-android-membuat_19.html