CRUD dengan NodeJs dan MongoDb Bagian 2 - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul CRUD dengan NodeJs dan MongoDb Bagian 2, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel crud nodejs mongodb, Artikel tutorial nodejs indonesia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : CRUD dengan NodeJs dan MongoDb Bagian 2
link : CRUD dengan NodeJs dan MongoDb Bagian 2

Baca juga


CRUD dengan NodeJs dan MongoDb Bagian 2


Setelah kita membuat aplikasi kasirapp pada part 1, kita akan melanjutkan pembuatan CRUD nodejs mongodb . Pada kesempatan kali ini kita membutuhkan editor Atom yang sudah kita install sebelumnya. Ikuti langkah berikut ini :

Langkah 1 :
Buka kembali terminal anda (Ctrl + Alt + T) lalu aktifkan server mongodb dengan mengetik "service mongodb start" , maka mongodb anda sudah berjalan.


Jika anda menemukan error "Failed to start mongodb.service: Unit mongodb.service is masked." maka ketikan terlebih dahulu " sudo systemctl unmask mongodb" untuk menghapus unmask, lalu ketik kembali "service mongodb start".

Langkah 2 
Buka aplikasi editor atom anda, lalu tambahkan project kasirapp pada atom anda. Pada atom editor pilih file -> add project folder -> arahkan pada folder Documents -> kasirapp, maka project kasirapp sudah ada pada atom anda.


Sekarang anda bisa melihat struktur project kasirapp pada atom anda.

Langkah 3 :
Buka file app.js pada atom editor anda tambakan code berikut tepat diatas code : "var app = express()"




Langkah 4 :
Kita cek terlebih dahulu apakah database mongodb sudah terhubung atau belum dengan mengetikan "nodemon" pada terminal anda. Jika anda berhasil maka anda akan menemukan informasi pada terminal sebagai berikut :

[nodemon] 1.17.3
[nodemon] to restart at any time, enter `rs`
[nodemon] watching: *.*
[nodemon] starting `node ./bin/www`
Berhasil terhubung dengan MongoDB

Langkah 5:
Kita akan membuat models schema, hal ini bertujuan membuat model database, jika kalian pernah belajar model class pada java , kita akan mendefinisikan field yang akan kita simpan atau olah. Nah pada tutorial kali ini kita akan membuat model dengan nama Produk, Namun terlebih dahulu anda harus membuat folder baru dengan nama "models" pada struktur aplikasi anda, nantinya file Produk.js tersebut kita taruh pada folder model.

Pada kode tersebut kita membuat skema model Produk, dimana nanti produk tersebut memiliki nama, kategori dan biaya. Untuk nama dan kategori kita gunakan String karena data yang diinputkan adalah text, sedangkan untuk biaya adalah number.

Langkah 6 :
Kita akan membuat route, route disini alaha semacam link navigasi yang biasa kita gunakan ketika membuat link menu yang mengarahkan pada halaman tertentu. pada folder routes buatlah sebuah file dengan nama produk.js

Pada kode di atas kita membuat sebuah link route yang akan kita gunakan untuk memanggil url aplikasi, nah didalamnya juga sudah kita masukan fungsi post, put, get, dan delete. Jadi urlnya nanti yang akan kita panggil adalah localhost:3000/produk

  • Post berguna untuk menyimpan data kedalam database
  • put berguna mengubah data tertentu berdasarkan id
  • get berguna mengambil data secara keseluruhan atau berdasarkan id
  • delete berguna untuk menghapus data
Langkah 7 :
Agar mempermudah kita buat variable untuk setiap route bisa kalian cek kode app.js menjadi seperti berikut :

Pembuatan route variable pada line ke 10 -13 dan pemasangannya pada line ke 37 - 40

Langkah 8 :
Sekarang kita mengujinya dengan POST man untuk melakukan resting , caranya buka aplikasi POSTMAN anda, Jika tidak mau repot cukup install postman via google chrome saja sebagai extension

Pada url postman ketikan url "localhost:3000/produk" pilih POST lalu pilih body pilih x-www-form-url-encoded, lalu masukan beberapa inputan misalkan :

nama : SurfaceBook Pro Core i7
kategori : laptop
biaya : 32.000.000

Selanjutnya tekan POST, maka data akan masuk dengan bentuk JSON, dan tersimpan pada MongoDB anda.




Untuk mengubah gunakan metode Put, lalu ketikan url "localhost:3000/produk/(id)"
Misalkan saya ingin merubah nama menjadi Macbook Pro Core i7. Setelah send anda kemudian gunakan menu Get, maka data sudah berubah menjadi Mac Book



Untuk source code bisa didownload di https://github.com/banyucenter/kasirapp






Demikianlah Artikel CRUD dengan NodeJs dan MongoDb Bagian 2

Sekianlah artikel CRUD dengan NodeJs dan MongoDb Bagian 2 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel CRUD dengan NodeJs dan MongoDb Bagian 2 dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2020/03/crud-dengan-nodejs-dan-mongodb-bagian-2.html