Heboh Jahe Untuk Corona? – Ini Manfaat Jahe Yang Harus Kamu Tahu! - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Heboh Jahe Untuk Corona? – Ini Manfaat Jahe Yang Harus Kamu Tahu!, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel info, Artikel Kesehatan, Artikel Kuliner, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Heboh Jahe Untuk Corona? – Ini Manfaat Jahe Yang Harus Kamu Tahu!
link : Heboh Jahe Untuk Corona? – Ini Manfaat Jahe Yang Harus Kamu Tahu!

Baca juga


Heboh Jahe Untuk Corona? – Ini Manfaat Jahe Yang Harus Kamu Tahu!

Ditengah maraknya kabar virus corona di masyarakat, rupanya Jahe seringkali disebut sebagai tanaman yang memiliki efek penangkal virus ini. Namun, sebenarnya apa sih manfaat dari Jahe?. Mari kita bahas bersama manfaat jahe untuk kesehatan pada artikel liwato kali ini.




jahe untuk corona



Jahe adalah rempah terkenal turun-temurun dengan sifat anti-inflamasi yang kuat. Manfaat jahe untuk kesehatan sangat beragam, termasuk kemampuannya untuk membantu dengan radang sendi dan osteoartritis, meredakan mual dan nyeri, mencegah kanker, memperbaiki kondisi pernapasan, dan mengurangi perut kembung.



Manfaat jahe lainnya ialah membantu meningkatkan kesehatan tulang, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan nafsu makan. Akar pedas ini juga telah lama dikenal baik untuk meningkatkan aktivitas seksual, mengurangi obesitas, dan menghilangkan rasa sakit yang terkait dengan gangguan menstruasi.




Apa itu Jahe?


Jahe, juga dikenal sebagai Zingiber officinale, adalah tanaman berbunga, yang akarnya atau rimpangnya dapat digunakan sebagai bumbu. Dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk, segar, kering, bubuk, dan juga dalam bentuk minyak dan jus. Jahe adalah bahan yang sangat umum ditemui dalam masakan Asia, dimana ia digunakan untuk membangun rasa dalam kari, saus, dan juga sup. Bahan ajaib ini juga digunakan dalam permen dan minuman beralkohol seperti kue jahe, bir jahe, dan juga anggur.





Saat ini, jahe termasuk dalam daftar makanan yang umumnya aman dari FDA dan sering digunakan untuk menutupi rasa obat-obatan pahit seperti sirup obat batuk.




Nutrisi Jahe


Sebagian besar manfaat dari jahe adalah berasal konstituen aktif yang disebut gingerol di dalamnya. Menurut Database Nutrien Nasional USDA, ia juga kaya akan karbohidrat, serat makanan, dan protein. Dari segi mineral, ia mengandung natrium, besi, kalium, magnesium, fosfor, dan seng. Vitamin di dalamnya termasuk vitamin C, folat, dan vitamin B6.







Ada banyak sekali senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang terdapat pada jahe seperti asam pantotenat, beta-karoten, capsaicin, curcumin, asam caffeic, dan salisilat di dalamnya. Bukan hanya itu, adanya senyawa aktif seperti shogaol, zerumbone, terpenoid, flavonoid, paradol, dan zingerone dalam jahe memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.




Manfaat Jahe untuk Kesehatan


Berbagai manfaat kesehatan dari akar yang luar biasa ini diberikan di bawah ini:




Meredakan Mual


Jahe telah lama digunakan sebagai tindakan pencegahan untuk mabuk perjalanan dan mabuk laut. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal mengungkapkan bahwa jahe dapat membantu meredakan mual selama kehamilan, tetapi tidak seefektif dalam mengobati masalah muntah.







Secara signifikan, itu tidak menunjukkan efek samping, dimana ini adalah faktor penting ketika digunakan untuk merawat wanita hamil. Pasien kanker yang telah menjalani kemoterapi dapat mengambil manfaat dari akar ini karena akan meringankan gejala mual dan muntah.





Penyerapannya yang cepat dan pengaturan fungsi tubuh yang cepat menyembuhkan mual pada orang yang telah menjalani operasi, tanpa efek samping. Mual juga merupakan gejala dari migrain. Dengan menyembuhkannya, jahe juga dapat membantu mengelola migrain.




Mengobati Pilek dan Flu


Jahe secara tradisional digunakan di banyak negara Asia untuk melawan flu dan dingin. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology menemukan bahwa jahe segar menunjukkan sifat antivirus terhadap infeksi saluran pernapasan.







Teh ini dapat digunakan dalam bentuk teh untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk.







Jahe Dapat Mengurangi Gas Berlebihan


Jahe adalah karminatif yang sangat kuat, artinya dapat melakukan eliminasi gas berlebih. Kelebihan gas dalam tubuh tentunya akan menempatkanmu dalam situasi yang tidak nyaman.







Terlalu banyak gas yang terkumpul di sistem tubuh akan dapat naik ke atas dan menekan organ-organ halus di batang tubuh. Mengunyah sepotong kecil jahe dapat membantu memaksa gas keluar dengan cara yang sehat dan juga mencegah penambahan gas lainnya.






Mengurangi Nyeri Artritis


Jahe dikenal untuk meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi rasa sakit sendi yang terkait dengan radang sendi. Jahe berisi gingerol, yang memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences. Ini dapat meningkatkan pergerakan osteoartritis, radang lutut, dan rheumatoid arthritis.







Bersamaan dengan itu, jahe juga dapat menekan senyawa inflamasi seperti sitokin dan kemokin pada sumbernya sebelum mereka mulai mempengaruhi tubuh kamu.




Meredakan Asma


Jahe telah lama digunakan secara tradisional sebagai obat yang efektif untuk mengobati gangguan pernapasan. Studi baru-baru ini juga mendukung sifat anti-inflamasi. Zerumbone, senyawa aktif yang ada pada jahe membantu meredakan asma.







Penelitian menunjukkan bahwa peradangan saluran napas alergi sebagian besar disebabkan oleh dominasi Th2 dan akar pedas jahe berhasil menekannya.






Melindungi Hati


Orang yang menderita TBC bisa mendapatkan manfaat lebih dari jahe, karena membantu mencegah hepatotoksisitas. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa jahe juga dapat melindungi tubuh dari keracunan kadmium yang dapat merusak hati, yang disebabkan oleh konsumsi kadmium yang signifikan.







Minyak atsiri memberikan efek perlindungan terhadap penyakit hati berlemak non-alkohol yang diakibatkan karena obesitas.




Penurunan berat badan


Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa jahe dapat membantu mempercepat penurunan berat badan dan mengelola obesitas dengan membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Latihan ini meningkatkan kapasitas daya tahan sehingga kamu dapat berolahraga dengan baik.







Dan mendapatkan bentuk tubuh ideal agar cocok dengan pakaian impian yang ingin kamu kenakan.







Mengonsumsi Jahe Dapat Meredakan Nyeri Otot


Jahe bermanfaat sejak lama dan terkenal ampuh mengurangi nyeri otot dan rasa sakit yang disebabkan karena berolahraga. Sifat anti-inflamasi dari akar ini hingga saat ini masih diteliti lebih jauh untuk manfaat ini.






Jahe Dapat Mencegah Kram Menstruasi


Jahe membantu mengurangi kadar prostaglandin dalam tubuh, sehingga membantu meredakan kram. Para ilmuwan percaya bahwa kadar prostaglandin yang tinggi berkontribusi pada peningkatan kram ketika menstruasi. Kram adalah cara tubuh untuk memperingatkan seseorang terhadap beberapa jenis bahaya atau kerusakan yang ada pada tubuh.







Dalam hal ini, prostaglandin, yang merupakan hormon yang berfungsi sebagai pembawa pesan kimia, adalah penggerak utama gejala-gejala seperti kram, nyeri, dan demam. Menurut sebuah laporan yang diterbitkan dalam ISRN Obstetrics and Gynecology, jahe juga dapat membantu mengurangi keparahan suasana hati dan perilaku selama PMS.




Jahe Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung


Jahe dapat melindungi kesehatan kardiovaskular dengan menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL. Ini juga mengurangi risiko pembekuan darah, sehingga dapat membantu mengatur hipertensi dan menjaga kesehatan jantung kamu.






Mengonsumsi Jahe Dapat Mengontrol Diabetes


Jahe bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah orang yang menderita diabetes tipe 2. Kelainan glikemik dan lipid menyebabkan komplikasi jangka panjang pada penderita diabetes, sesuai dengan studi penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Endocrinology Metabolism pada 2017.







Karena itu, untuk meningkatkan resistensi insulin dan mengendalikan diabetes, langsung saja pertimbangkan untuk menambahkan jahe ke dalam menu diet kamu. Studi lain juga menunjukkan bahwa konsumsi harian 3 kapsul satu gram bubuk jahe selama 8 minggu berguna untuk pasien dengan diabetes tipe 2.




Jahe dapat Mendetoksifikasi Tubuh


Jahe menyebabkan tubuh berkeringat. Berkeringat dapat membersihkan pori-pori dan memungkinkan tubuh kamu untuk lebih giat menghilangkan racun. Penelitian juga menunjukkan bahwa keringat termasuk senyawa yang memerangi kuman, bernama dermcidin.







Ini terhubung positif dengan pengurangan infeksi bakteri dan virus dengan menciptakan kilau pada kulit. Dengan demikian bertindak sebagai lapisan pelindung protein.



Ternyata ada banyak sekali ya manfaat jahe. Mulai sekarang, langsung saja masukkan jahe di menu dan minuman harian kamu untuk mencegah kemungkinan terserang penyakit. Semoga info mengenai manfaat jahe kali ini bermanfaat.


Demikianlah Artikel Heboh Jahe Untuk Corona? – Ini Manfaat Jahe Yang Harus Kamu Tahu!

Sekianlah artikel Heboh Jahe Untuk Corona? – Ini Manfaat Jahe Yang Harus Kamu Tahu! kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Heboh Jahe Untuk Corona? – Ini Manfaat Jahe Yang Harus Kamu Tahu! dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2020/03/heboh-jahe-untuk-corona-ini-manfaat.html