Installasi Node Js dan MongoDb - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Installasi Node Js dan MongoDb, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel tutorial mongodb indionesia, Artikel tutorial nodejs indonesia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Installasi Node Js dan MongoDb
link : Installasi Node Js dan MongoDb

Baca juga


Installasi Node Js dan MongoDb


Tutorial NodeJs Mongo Db Indonesia : Sebelum memulai mempraktekan membuat aplikasi nodejs dan mognodb, kita harus melakukan installasi software yang dibutuhkan. Berbeda dengan ketika kita belajar php dan mysql ketika membuat sebuah website cukup menginstal xampp maka sudah terbundle dalam satu paket yaitu apache php, mysql sehingga mudah sekali digunakan.

Karena disini saya menggunakan operating system Ubuntu (pada pembuatan artikel ini yaitu versi 17) maka tutorial akan lebih banyak menggunakan ubuntu , namun jangan khawatir karena code yang digunakan sama. Nah tools yang akan saya gunakan antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Atom Editor nah, atom editor ini akan kita gunakan untuk mengedit code nodejs, dan mongodb ya, nah bisa kalian download di https://atom.io/
  2. NodeJs untuk nodejs ini sendiri bisa kalian download dan installasi di https://nodejs.org/en/download/package-manager/#debian-and-ubuntu-based-linux-distributions. Karena menggunakan curl anda harus terlebih dahulu install curl pada ubuntu anda caranya pada terminal (Ctrl + Alt + T) lalu ketik "sudo apt install curl" kemudian ketikan "curl -sL https://deb.nodesource.com/setup_10.x | sudo -E bash -sudo apt-get install -y nodejs"
  3. MongoDb Community karena kita belajar cukup versi Community saja https://docs.mongodb.com/manual/tutorial/install-mongodb-on-ubuntu/
  4. Postman untuk Resting API https://www.getpostman.com/apps
Oke, pada dokumentasi tersebut kalian sudah melakukan installasi nodejs dan mongodb sekarang kita cek versi nodejs dan mongodbnya.

Cek versi nodejs dan test apakah installasi sudah berhasil ?

Tekan Ctrl +Alt + T pada keyboard lalu pada terminal ketikan "node -v"


Jika anda berhasil melakukan installasi, maka akan tampak seperti gambar, yaitu saya menggunakan nodejs versi 10. Kemudian kita cek mongodb nya. Ketikan "mongod --version" (tanpa petik)


Jika anda berhasil melakukan installasui, maka akan terlihat versi mongodb yang sudah kita install.

Demikianlah tutorial nodejs dan mongodb , selanjutnya kita akan belajar membuat CRUD json dengan nodejs, express js dan mongodb.

Terimakasih



Demikianlah Artikel Installasi Node Js dan MongoDb

Sekianlah artikel Installasi Node Js dan MongoDb kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Installasi Node Js dan MongoDb dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2020/03/installasi-node-js-dan-mongodb.html