apa itu kaizen - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul apa itu kaizen, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Lain-lain, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : apa itu kaizen
link : apa itu kaizen

Baca juga


apa itu kaizen



Kalau dilihat dari tulisannya "kaizen", mungkin berasal dari jepang sana.., tapi saya tidak coba terjemhkan arti  kaizen ke bahasa indonesia, sejauh ini kaizen yang umum dikenal sebagai “metode perbaikan berkesinambungan“.

Metode ini dipakai di pabrik/manufaktur, saya pernah seleksi masuk karyawan dan ditanya apa itu kaizen?, saya kira semacam nama merek motor..kyk suzuki shogun...dan walhasil pertanyaan itu tidak bisa saya jawab dengan benar, klo sobat baca artikel ini semoga bisa dapat pencerahan apa itu kaizen, saya sendiri dapat pencerahan dari coretannya kang robicahyadi28, dia bilang dinikmati saja siapa tau bermanfaat buat yang membacanya.. :)

 

Perbaikan dengan metode kaizen ini berprinsip jika sesuatu hasil atau apapun yang kita buat misalnya bikin produk snack kyk saya.. maka produk ini klo di cari cari sebenarnya memiliki celah kekurangan klo bahasa gaulnya "cari cari kesalahan" :) ... dari kekurangan ini bisa dilakukan perbaikan. Setelah dilakukan perbaikan akan adalagi celah untuk diperbaiki, jadi kesimpulanya kaizen adalah usaha perbaikan yang terus menerus dilakukan.

 

Untuk melakukan perbaikan dari sesuatu yang kita buat misal produk snack tadi  tentunya kita perlu cari kekurangan dari produk tersebut/identifikasi..Jika saat ini Saya sedang buat produk snack keripik singkong kekurangan dari produk ini tidak bertahan lama karena setelah dua minggu keripik jadi melempem dikarenakan pembungkus keripik/kemasan yg saya pakai kemasukan angin, keripik yang melempem setelah dua minggu itu menggunakan staples untuk menutup kemasan plastik

Akhirnya saya berinisiatif untuk membeli mesin sealer yang bisa menutup kemasan lebih rapat dari pada menggunakan staples. Saya beli mesin sealer di toko online ...tiga hari kemudian saya pakai untuk menutup kemasan snack keripik dan alhamdulliah setelah dua minggu keripik masih renyah dan bebas dari melempem. Sampai sini saya sudah menjalankan awal metode kaizen...

Tapi sayangnya setelah tiga minggu saya merasakan kalau keripik berbau tengik, saya tidak curiga dengan keripik’nya, dan ternyata kemasan kemasukan uap air dan saat display keripik terkena sinar matahari langsung karena memang menggunakan plastik transparan,..akhirnya plastik transparan tidak rekomen untuk digunakan pada snack yang masa simpan cukup lama apalagi di udara yang lembap dan juga terjadi oksidasi dari sinar matahari... Browsing sana sini saya menemukan jika kemasan yang cocok adalah ber pelapis alumunium foil, kembali saya beli di toko online dan mengganti kemasan plastik transparan dengan kemasan alumunium foil, tiga hari kemudian saya pakai sebagai pembungkus dan setelah tiga minggu bau tengik sudah tidak ada lagi.. , sampai sini kita sudah  dua kali melakukan perbaikan ..

Tapi sayangnya lagi setelah 5 minggu saya merasakan kalau keripik mulai berbau tengik,  dan ternyata kemasan kemasukan udara yang berisi oksigen ..akhirnya udara yang mengandung oksigen  bisa membuat keripik berbau tengik... Browsing sana sini dan tanya teman,  ternyata kemasan yang baik tidak menjamin snack bebas bau tengik... kemasan yg kemasukan oksigen juga akan membuat keripik berbau tengik...solusinya adalah udara biasa diganti dgn nitrogen, kembali saya beli di toko online mesin sealer yang bisa memasukkan nitrogen kedalam kemasan alumunium foil, tiga hari kemudian saya isi ke pembungkus snack dgn nitrogen dan setelah dua bulan bau tengik sudah tidak ada lagi.. , sampai sini kita sudah tiga kali melakukan perbaikan dan mungkin masih ada celah ke empat ke lima untuk melakukan perbaikan karena prinsip nya adalah perbaikan terus menerus yang berarti selalu ada celah kekurangan yang mesti diperbaiki lagi dan lagi..."kaizen"

 

Cmiiw .. J

 



Demikianlah Artikel apa itu kaizen

Sekianlah artikel apa itu kaizen kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel apa itu kaizen dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2021/01/apa-itu-kaizen.html