Pengenalan Method pada Unity dan Contohnya - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengenalan Method pada Unity dan Contohnya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Game Dev, Artikel Tutorial Unity, Artikel Unity, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengenalan Method pada Unity dan Contohnya
link : Pengenalan Method pada Unity dan Contohnya

Baca juga


Pengenalan Method pada Unity dan Contohnya


Method adalah konsep dasar pada pemrograman berbasis objek. Method pada Unity digunakan untuk memanipulasi dan mengakses data pada objek yang dibuat dengan menggunakan class. Dalam pemrograman game pada Unity, method digunakan untuk memberikan perilaku pada objek, seperti gerakan, interaksi, atau efek visual.

Pada Unity, method dapat didefinisikan di dalam class yang digunakan untuk membuat objek. Setiap method pada Unity memiliki nama dan parameter yang digunakan untuk menerima masukan atau input dari pengguna atau objek lainnya. Selain itu, method juga dapat mengembalikan nilai sebagai output dari proses yang dilakukan.

Contoh sederhana penggunaan method pada Unity adalah sebagai berikut:




using UnityEngine;

public class Player : MonoBehaviour 
{
    public float speed;

    private void Start() 
    {
        // kode program di sini
    }

    private void Update() 
    {
        Move();
    }

    private void Move()
    {
        float horizontal = Input.GetAxis("Horizontal");
        float vertical = Input.GetAxis("Vertical");

        transform.position += new Vector3(horizontal, 0, vertical) * speed * Time.deltaTime;
    }
}
}




Pada contoh di atas, kita membuat class "Player" yang mewarisi class "MonoBehaviour". Class ini memiliki satu atribut yaitu "speed" yang bertipe data float. Method "Start()" akan dipanggil saat objek player pertama kali aktif pada scene game, sedangkan method "Update()" akan dipanggil setiap frame pada game.

Dalam method "Update()", kita memanggil method "Move()" yang digunakan untuk melakukan gerakan pada objek player. Method "Move()" menerima input horizontal dan vertical dari pengguna dan mengubah posisi objek player berdasarkan nilai tersebut.

Kita juga dapat membuat method dengan parameter pada Unity, seperti pada contoh berikut:



using UnityEngine;

public class Health : MonoBehaviour 
{
    public int health;

    private void Start() 
    {
        // kode program di sini
    }

    public void TakeDamage(int damage)
    {
        health -= damage;

        if (health <= 0)
        {
            Die();
        }
    }

    private void Die()
    {
        Destroy(gameObject);
    }
}



Pada contoh di atas, kita membuat class "Health" yang juga mewarisi class "MonoBehaviour". Class ini memiliki satu atribut yaitu "health" yang bertipe data integer. Method "Start()" akan dipanggil saat objek dengan class "Health" pertama kali aktif pada scene game.

Method "TakeDamage()" digunakan untuk mengurangi nilai "health" sesuai dengan parameter "damage" yang diterima. Jika nilai "health" sudah mencapai nol atau kurang, method "Die()" akan dipanggil untuk menghapus objek pada game.

Dalam pengembangan game pada Unity, method sangat penting untuk memberikan perilaku pada objek. Dengan menggunakan method, pengembang game dapat membuat objek yang kompleks dan dapat diatur dengan mudah. Oleh karena itu, penting untuk memahami konsep dasar method pada Unity dan bagaimana menggunakannya dalam pengembangan game.

author : Akbie


Demikianlah Artikel Pengenalan Method pada Unity dan Contohnya

Sekianlah artikel Pengenalan Method pada Unity dan Contohnya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengenalan Method pada Unity dan Contohnya dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2023/03/pengenalan-method-pada-unity-dan.html