Mempercantik Apache Directory Listing dengan Apaxy - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mempercantik Apache Directory Listing dengan Apaxy, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mempercantik Apache Directory Listing dengan Apaxy
link : Mempercantik Apache Directory Listing dengan Apaxy

Baca juga


Mempercantik Apache Directory Listing dengan Apaxy

 Apache directory listing itu... kalau menurut saya, bagaimana localhost (apache) menampilkan data yang ada pada suatu direktory. Coba lihat gambar berikut:



Itu adalah direktory yang diakses menggunakan localhost. Nah, hari ini kita akan memoles tampilan tersebut agar lebih enak dilihat. Jika ada yang bertanya, untuk apa kita melakukannya? Maka, jawaban saya adalah agar lebih enak dilihat saja. Jika anda pernah ke repo http://kambing.ui.ac.id/fedora/, tentu tampilan directory list-nya tidak seperti gambar di atas bukan?

Lalu apa itu Apaxy? Apaxy adalah theme yang akan kita gunakan untuk memoles tampilannya. Untuk mengunduhnya, silahkan kunjungi websitenya di http://adamwhitcroft.com/apaxy/, bisa juga dengan mengunjungi halamannya di github dengan link https://github.com/AdamWhitcroft/Apaxy.

Baiklah, sekarang kita mulai proses pemolesan apache directory listing.

1. Download Apaxy pada link di atas.

2. Ekstrak, dan pindah file yang ada di dalam folder apaxy ke localhost.

3. Pastikan mod_rewrite sudah aktif, karena kita akan menggunakan .htaccess. Jika belum, silahkan ikuti tutorial berikut untuk mengaktifkan .htaccess.

4. Rename file htaccess.txt menjadi .htaccess

5. Lalu edit file .htaccess tersebut, tapi yang paling penting adalah ganti {FOLDERNAME} dengan direktory alamat direktory kita. Berhubung, kita memindahkan folder theme dan file htaccess langsung ke localhost, maka hapus saja /{FOLDERNAME}.

6. Restart apache kita. Lalu cek, dengan mengakses direktory yang ada di localhost.

Note: Kita bisa menambahkan dan memodifikasi tampilah tersebut dengan memodifikasi file header.htmlfooter.html, dan style.css. Contoh yang sudah sedikit saya modifikasi adalah:
Begitulah... Bila ada pertanyaan, silahkan isi komentar di bawah.

Sabtu, 10 Oktober 2015

Mengaktifkan mod_rewrite pada Apache Linux

Selamat sore... Hari ini kita akan belajar tentang bagaimana mengaktifkan mod_rewrite pada apache linux. Tapi... kenapa kita harus mengaktifkan mod_rewrite pada apache? Apa gunanya? Ada yang bertanya seperti itu?

Saya tidak akan menjelaskan panjang lebar, akan tetapi langsung intinya saja. Kita perlu mengaktifkan mod_rewrite karena kita perlu melakukan itu agar .htaccess bisa melakukan pekerjaannya. Jika mod_rewrite tidak aktif, maka .htaccess akan ngambek alias tidak mau bekerja.

Lalu, bagaimana kita mengaktifkan mod_rewrite?

1. Kita edit file 000-default.conf yang ada pada direktori /etc/apache2/sites-avaiable/. Bisa dengan memasukkan perintah:

sudo nano /etc/apache2/sites-avaiable/000-default.conf


2. Setelah itu, kita cari baris dengan script DocumentRoot /var/www/html.

3. Jika sudah ketemu, di bawah script tersebut tambahkan script berikut:

<Directory "/var/www/html">
AllowOverride All
</Directory>



4. Kemudian simpan, dan masukkan perintah berikut pada terminal untuk mengaktifkan mod_rewrite:

sudo a2enmod rewrite


5. Dan yang terakhir, restart apache kita. Bisa dengan memasukkan perintah berikut:

sudo service apache2 restart


6. Jika tidak ada error, maka mod_rewrite sudah aktfi dan kita sudah bisa menggunakan kemampuan .htaccess.


Demikianlah Artikel Mempercantik Apache Directory Listing dengan Apaxy

Sekianlah artikel Mempercantik Apache Directory Listing dengan Apaxy kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mempercantik Apache Directory Listing dengan Apaxy dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2023/08/mempercantik-apache-directory-listing.html