Beberapa cara terhindar dari pencurian data digital - Hallo sahabat Dev-Create, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Beberapa cara terhindar dari pencurian data digital, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tip/trik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Beberapa cara terhindar dari pencurian data digital
link : Beberapa cara terhindar dari pencurian data digital

Baca juga


Beberapa cara terhindar dari pencurian data digital

 

Agar terhindar dari pencurian data digital

Saat ini perkembangan teknologi sangatlah canggih, seperti kamu yang sedang menggunakan perangkat smartphone atau laptop bahkan teknologi yang dapat menghubungkan kita diantara dua pulau yang terpisah (Internet). Dari perkembangan teknologi yang semakin canggih, kamu dapat memanfaatkan untuk mempermudah mobiltas sehari-hari, seperti menghubungi keluarga, membuat tugas, menyelesaikan pekerjaan kantor, tugas sekolah, tugas kuliah, dan masih banyak lagi. Seiring dengan perkembangan teknologi di era modern sekarang, jika kita hanyalah sesorang yang memiliki status sebagai pengguna, hendaknya kita juga memperhatikan keamanan data dari perangkat teknologi yang kita gunakan. Semakin tinggi dan canggihnya teknologi semakin tinggi juga kejahatan yang terjadi dibidang teknologi jika kita tidak dapat mengatasinya. Kita akan berbagi sedikit pengetahuan serta wawasan agar kamu dapat mengantisipasi pencurian data digital yang kamu miliki.


1. Gunakan antivirus terpercaya untuk mencegah virus yang dapat merusak sistem

Hal ini banyak digunakan oleh pengguna teknologi bahwa kamu juga pernah mendapati hal seperti ini, pada saat membeli laptop atau membeli smartphone baru pasti terdapat antivirus yang telah terpasang. Antivirus berfungsi untuk membatasi aktivitas yang kamu lakukan terhadap perangkat teknologi yang digunakan pada saat kamu mendownload atau memasang aplikasi yang terdapat virus didalamnya. Akan tetapi antivirus tidak sepenuhnya menjamin keamanan perangkat yang kamu gunakan. Terdapat beberapa antivirus yang dapat menghapus virus dan membuat virus menjadi banyak. Salah satu antivirus yang terbaik biasanya perangkat yang telah terpasang secara otomatis pada sistem dan antivirus berbayar.

2. Lakukan logout dari situs atau aplikasi yang menidentifikasi data anda

Hal ini jarang sekali diperhatikan, hal tersebut dapat membuat kesalahan yang fatal. Terdapat beberapa situs atau aplikasi pada saat digunakan, kita diminta untuk memasukan identitas lengkap seperti data diri, tanggal lahir, alamat, nomor hp, dan lainnya (kecuali dari sumber terpercaya yang meminta identitas lengkap) yang paling berbahaya kamu menjadi target random hack attack. Pada saat perangkat mu diretas semua akun yang tersimpan didalamnya dapat dicuri oleh peretas.

3. Lakukan analisis perangkat yang kamu gunakan jika terjadi perubahan tiba-tiba

Pada poin ketiga dapat kamu lakukan secara mandiri dan berkala. Melakukan analisis pada perangkat yang digunakan sangatlah perlu untuk mengatahui perencanaan peretasan yang ingin dijalankan pada perangkat kamu. Hal tersebut dapat kamu lakukan seperti membersihkan beberapa aplikasi yang sangat asing, bersihkan bug, dan meminta bantuan sistem untuk menjalankan pengujian sistem pada perangkat.

4. Perhatikan pada saat kamu menggunakan wifi umum

Kenapa kita menyarankan hal ini, kita pernah mendapatkan kasus seperti ini pada saat menggunakan wifi umum, Pada dasarnya kita tidak mengatahui pengaturan (setting) internet yang diberikan layanan. Bahwa terdapat beberapa teknik peretasan seperti pishing yang dapat dijalankan penyedia layanan internet jika memang menginginkan hal tersebut. Salah satunya pada saat kamu ingin terhubung dengan jaringan internet, kamu diminta untuk membuat password atau menggunakan identitas sim card number.

5. Tidak melakukan download sembarangan dari situs yang tidak diketahui

Hal ini sering kita lakukan walaupun kita tidak melihat resiko kedepannya demi mendapatkan file yang kita inginkan. Pada dasarnya pengguna internet yang teliti tidak akan melakukan hal yang seharusnya tidak dilakukan. Kita tidak pernah mengetahui berapa banyak pengguna dan developer yang lalu lalang di internet, hingga virus komputer dapat disisipkan pada gambar, teks, suara dan video cara tersebut sudah sejak lama telah dibuat, bagi kamu yang belum mengetahui hal tersebut hendaknya kamu memperhatikan aktivitas menggunakan internet browsing atau download. 

Baca Juga : Virus komputer

6. Hindari pesan text, video, gambar, animasi dari pengirim yang tidak dikenal

Kenapa kita memberitahukan hal tersebut, dikarenakan mungkin beberapa orang ada yang belum mengetahui hal tersebut. untuk memancing sebuah peretasan dalam sebuah perangkat banyak hal yang dapat dilakukan salah satunya, mendapatkan pesan teks yang tidak diketahui asalnya, pesan gambar, suara atau gambar bergerak (bisa terjadi phising, tracking dan scaming). Hendaknya kamu memperhatikan hal ini, jika kamu salah satunya, hendaknya kamu langsung menghapus pesan tersebut.

7. Lakukan perubahan kata sandi secara berkala pada akun yang terkait data penting anda

Hal tersebut sering dilakukan untuk mengatasi peretasan atau pencurian data pada perangkat yang digunakan. Ini salah satu cara yang efektif untuk mengatasi hal ini. Kamu dapat meningkatkan keamanan data seperti username password dengan mengaktifkan autentikasi username password, verifikasi akun, atau perlindungan dua lapis.

8. Selalu perhatikan aplikasi yang disarankan oleh kerabat atau siapa pun itu

Jika kamu selalu tergiur oleh penawaran beberapa aplikasi, Contoh : aplikasi penghasil uang dengan cepat, aplikasi satu kali klik dapat uang, aplikasi duduk duduk dapat uang, aplikasi bisa  kerja santai sambil ngopi jadi kaya, itu adalah sesuatu yang mungkin -+ yang masuk akal, untuk dunia hiburan bukan mencari nafkah hehehe. Pada dasarnya aplikasi diciptakan untuk membantu mobilitas dalam kehidupan sehari-hari dibidang teknologi dan lainnya. Langkah pertama yang harus kamu ambil adalah apakah kamu membutuhkan aplikasi itu ? jika kamu membutuhkannya ! cari tau sumber aplikasi tersebut atau asal muasal aplikasi. Jika kamu yakin aplikasi memiliki layanan yang sangat baik dan terpercaya bukan (iming) ya pasti kamu tau iming-iming dan beneran. Silahkan digunakan. Jika itu hanya aplikasi canda belaka silahkan di lewatkan saja. Aplikasi dibangun sangat susah payah untuk mendapatkan pengguna jika sudah mendapatkan 1 pengguna baru pihak aplikasi menggunakan teknik meyakinkan dan memberikan tips atau bonus dan arahan intruksi penggunaan aplikasi dan banyak hal, sehingga kamu ikut-ikutan menjadi donatur aplikasi yang dapat kamu sesali di kemudian hari. Setiap developer dan pengembang aplikasi, game dan lainnya. memiliki tujuan dan maksud tertentu. Hendaknya kamu mengerti dengan tulisan ini. 


Demikianlah Artikel Beberapa cara terhindar dari pencurian data digital

Sekianlah artikel Beberapa cara terhindar dari pencurian data digital kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Beberapa cara terhindar dari pencurian data digital dengan alamat link https://dev-create.blogspot.com/2023/09/beberapa-cara-terhindar-dari-pencurian.html